SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kedua dari kiri), berjalan bersama Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, saat berkunjung di Pendapi Ageng kompleks Pura Mangkunegaran, Solo, Senin (21/3/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bersama Pura Mangkunegaran menyiapkan hidangan istimewa untuk gala dinner pertemuan negara-negara anggota The Group of Twenty atau G20 Presidensi Indonesia 2022 di Solo, Kamis (31/3/2022) malam.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menjelaskan konsep gala dinner berupa makan malam dengan menyaksikan penampilan tari-tarian di Pura Mangkunegaran. Menu yang disajikan merupakan makanan tradisional. Namun, Gibran tidak hafal apa saja menunya.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Baca Juga: 2 Destinasi Ini akan Dikunjungi Delegasi G20 saat City Tour di Solo

Ekspedisi Mudik 2024

“Kapan hari itu dijamu Gusti Mangku [KGPAA Mangkunagoro X, Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo]. Ada beberapa makanan yang bisa jumpai setiap hari, seperti sosis, kue sus. Tapi [di Mangkunegaran] rasanya beda. Beda dengan yang biasa dimakan di pasar atau di mantenan. Beda tenan, aku kaget,” katanya.

Saat persiapan gala dinner G20 tersebut, Gibran telah dikenalkan dengan juru masak Pura Mangkunegaran yang telah mengabdi bertahun-tahun. “Juru masaknya bertahun-tahun telah mengerti selera para raja-raja di situ,” jelasnya.

Baca Juga: Intip Agenda Pertemuan Negara Anggota G20 di Solo, Ini Susunan Acaranya

Wali Kota Solo itu menjelaskan Pemkot menjadi tuan rumah saja. Anggaran untuk pertemuan G20 di Solo semuanya dari Kementerian Perindustrian.

Para delegasi akan membahas isu penting pada pertemuan G20 selama dua hari hingga Kamis (31/3/2022). Setelah itu delegasi G20 akan melakukan tur Kota Solo pukul 14.00 WIB sampai 16.00 WIB sebelumnya akhirnya ditutup dengan gala dinner di Pura Mangkunegaran.

Baca Juga: 2 Bus Tingkat dan Sepur Jaladara Disiapkan untuk City Tour G20 di Solo

Sesuai informasi dalam rundown acara yang diperoleh Solopos.com, para delegasi dari 20 negara anggota G20, enam negara undangan, dan 10 organisasi internasional dijadwalkan tiba di Solo pada Selasa (29/3/2022) siang.

Mereka langsung check in di Hotel Alila Solo, yang juga akan menjadi lokasi pertemuan pada Rabu (30/3/2022). Pertemuan G20 di Kota Solo dijadwalkan berlangsung dua kali. Pertemuan kedua akan dilangsungkan pada 6-9 Juni mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya