SOLOPOS.COM - Ilustrasi lingkaran hitam disekitar mata (Foto : www.makeupforever.com )

Solopos.com, SOLO — Anda sebal karena memiliki mata panda? Tenang, berikut ini empat cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan mata panda.

Siapa yang tak mengenal istilah mata panda? Ya, mata panda merupakan salah satu persoalan yang menyebalkan karena mengganggu penampilan. Disebut mata panda karena muncul lingkaran hitam pada area sekitar mata sehingga membuat penampilan tampak seperti binatang panda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Solopos.com, mengutip American Academy of Ophthalmology, www.aao.org/eye-health, Rabu (27/7/2022), kemunculan mata panda bisa disebabkan berbagai faktor, seperti kurang tidur, merokok, alergi, cairan yang menumpuk baik setelah bangun tidur maupun usai makan sesuatu yang asin, dan faktor genetik.

Selain itu, mata panda juga dapat disebabkan faktor bertambahnya usia. Kemudian, kulit yang sudah semakin kendur dan jaringan lemak maupun kolagen berkurang dalam tubuh.

Mata panda memang bukan suatu hal yang membahayakan. Namun, pada beberapa kasus bengkak di area mata dapat menyebabkan rasa nyeri, gatal, hingga menjadi iritasi dan berwarna kemerahan.

Baca Juga : Hindari Mata Lelah, Lakukan Yoga Mata

Dilansir dari laman resmi produk perawatan kulit Amerika, www.olay.co.id, berikut ini empat cara sederhana yang dapat dilakukan di rumah untuk menghilangkan mata panda:

  1. Kompres mata dengan air dingin

Cara pertama untuk menghilangkan mata panda, yakni mengompres mata menggunakan ice gel agar dingin. Tetapi, jika tidak ada, material lain yang ada di rumah, seperti es batu dapat menjadi cara sederhana menghilangkan mata panda.

Caranya, bungkus sebongkah kecil es batu menggunakan kain handuk. Lalu, kompreskan ke bagian bawah mata Anda selama beberapa menit.

Kompres dingin bermanfaat untuk membantu mengurangi bengkak pada area mata dan mengecilkan pembuluh darah yang membesar di bawah mata sehingga efek panda pada mata Anda dapat tersamarkan.

Baca Juga : Ini Arti Kedutan Mata Kiri Secara Medis

  1. Menggunakan timun

Cara berikutnya untuk menghilangkan mata panda adalah menggunakan bahan-bahan yang mudah dijangkau, seperti mentimun, tomat, maupun jenis sayuran lain yang kaya antioksidan. Gunakan bahan-bahan tersebut sebagai kompres atau masker.

Kandungan antioksidan pada sayur maupun buah dipercaya dapat memenuhi nutrisi pada kulit. Selain itu, penggunaan krim mata dengan kandungan vitamin C, E, dan K juga dapat menjadi pilihan untuk membantu mengencangkan kulit di sekitar mata.

Menggunakan tabir surya tak kalah penting untuk melindungi kulit dari hiperpigmentasi yang dapat menyebabkan lingkaran hitam pada mata. Kemudian, memperbanyak konsumsi air putih juga dapat menjadi cara sederhana menghilangkan mata panda.

Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat menghindarkan Anda dari rasa lesu yang membuat mata panda tampak jelas. Jadi, jangan lupa minum air putih minimal 8 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh Anda, ya.

Baca Juga : Arti Kedutan Mata Sebelah Kanan yang Menandakan Bahaya

  1. Memijat wajah

Cara menghilangkan mata panda tidak hanya menggunakan bahan-bahan tertentu. Anda juga dapat menghilangkan mata panda hanya dengan memanjakan area mata melalui pijatan halus.

Pijatan pada area sekitar mata akan merangsang kelenjar getah bening kecil yang nantinya dapat berperan sebagai penyingkir racun.

Selain itu, pijatan kecil dapat meningkatkan produksi kolagen pada area sekitar mata dan mencegah gumpalan darah di sekitar area mata yang menyebabkan hyperpigmentation.

Cara menghilangkan mata panda melalui pijatan tergolong cukup sederhana dan dapat dilakukan selama dua menit setiap hari.

Baca Juga : Sering Menatap Layar Gadget? Waspadai Computer Vision Syndrome

Langkah pertama yang bisa kamu tempuh adalah pijatlah rongga mata menggunakan ujung jari dengan lembut hingga mencapai batang hidung. Lakukan hal ini sebanyak 10 kali.

Langkah kedua, pijat ujung alis dan tulang alis yang berada tepat di atas lengkungan mata selama beberapa detik. Langkah ketiga, berikan tekanan lembut pada ujung kelopak mata sebanyak lima kali dalam waktu beberapa detik.

Anda tidak boleh lupa dengan bagian terpenting dari cara menghilangkan mata panda, yakni area bawah mata. Langkah selanjutnya adalah berikan pijatan lembut pada area bawah mata.



Berikan tekanan lembut yang mengarah ke bawah lalu ke arah pelipis. Langkah ini dilakukan untuk melepas cairan yang terperangkap pada area bawah mata.

Langkah terakhir pijatlah daerah kelopak mata secara melingkar sebanyak tiga kali. Hindari untuk melakukan langkah terakhir apabila lingkaran hitam di sekitar mata disebabkan oleh alergi.

Baca Juga : Era Digital Ancam Kesehatan Mata Anak, Apa yang Harus Dilakukan?

  1. Cukupi waktu tidur

Kebiasaan begadang bisa menjadi faktor yang menyebabkan muncul mata panda. Begadang dapat membuat tubuh menjadi terforsir dan menjadi lelah. Untuk itu, hindari kebiasaan tidur terlalu malam dan cukupi kebutuhan tidur 7 sampai 9 jam perhari agar terhindar dari mata panda.

Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya