SOLOPOS.COM - ilustrasi tiktok (freepik)

Solopos.com, SOLO -- Aplikasi Tiktok yang selama ini dikenal hanya untuk eksis dan lucu-lucuan, ternyata bisa dimanfaatkan untuk promosi bisnis.

Hal itu tak lepas dari fakta bahwa dewasa ini aplikasi tersebut semakin digandrungi masyarakat. Kepopuleran Tiktok tak hanya di kalangan kaum muda saja. Tak sedikit orang dewasa yang memanfaatkan Tiktok sebagai platform hiburan sekaligus bisnis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain itu, aplikasi buatan China ini dianggap sebagai platform media sosial yang paling ramah bisnis. Bahkan, banyak pengusaha yang sudah memanfaatkan fitur-fitur di dalam Tiktok untuk membangun branding atau merek pribadi.

Tentu saja, bagi Anda yang tertarik merambah Tiktok sebagai media untuk berjualan atau beriklan, ada trik-trik tertentu untuk dapat mendulang kesuksesan bisnis. Dirangkum dari laman Liputan6.com, berikut cara memanfaatkan Tiktok untuk melakukan promosi bisnis dan penjualan:

Pria Lansia di Madiun Meninggal Dunia Saat Gowes Sendirian

Pelajari Platformnya

Sebelum melakukan promosi bisnis melalui Tiktok, pelajari dulu jenis-jenis konten yang ada pada TikTok. Selain itu, pelajari pula cara berinteraksi dengan orang lain saat sedang mengaksesnya. Hal ini dilakukan agar bisnis Anda dapat masuk ke dalam platform tersebut secara alami.

Tiktok adalah tentang konten yang menyenangkan dan menarik secara visual. Jika Anda melihat halaman tren Tiktok, Anda akan menemukan banyak video-video konyol, tapi hits. Jika Anda ingin mendulang kesuksesan di sini, manfaatkan momen tersebut untuk membuat konten serupa, sehingga Anda bisa terhubung dengan banyak pengguna Tiktok lainnya.

Hasil Swab Keluar, Gibran Negatif Covid-19

Buat Konten Menyenangkan

Setelah Anda tahu bahwa Tiktok adalah tentang kesenangan dan kreativitas, sekarang saatnya Anda membuat konten sendiri yang menyenangkan sekaligus kreatif. Namun, perhatikan juga untuk tidak asal membuat video atau meme yang keterlaluan. Meskipun video-video Tiktok cenderung aneh, Anda tetap harus membuat video Tiktok sesuai gaya bisnis Anda.

Tak hanya itu, membuat konten sendiri adalah salah satu cara mudah dan murah untuk mempromosikan bisnis. Plus, salah satu manfaat terbesar Tiktok adalah Anda tidak perlu membuat video dengan peralatan-peralatan yang super canggih, melainkan cukup menggunakan ponsel pintar.

Dana Hibah Pilkada Klaten Rp67 Miliar Cair, Ini Perinciannya

Luncurkan Tantangan Tagar

Cara lain untuk mempromosikan bisnis di Tiktok adalah dengan meluncurkan tantangan hashtag atau tagar. Tantangan tagar adalah ketika Anda mendorong pengguna Tiktok untuk membuat ulang (remake) konten Anda dengan menambahkan tagar bermerek Anda di dalam konten remake tersebut.

Tantangan tagar yang menyenangkan tidak hanya mempromosikan bisnis Anda, tetapi juga dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan antarpengguna Tiktok.

Ini Daftar Penghuni Baru Saham Acuan LQ45 dan IDX30, Sahamnya Bisa Dilirik

Bekerja dengan Influencer Tiktok

Influencer Tiktok mungkin belum banyak, namun akan selalu ada. Manfaatkan momen ini untuk bekerja dengan mereka. Hal ini sangat berpotensi untuk memperluas jangkauan bisnis Anda pada platform tersebut.

Selain itu, bekerja dengan influencer Tiktok akan dapat membantu membuat koneksi. Namun, untuk mendapatkan hasil dari pemasaran influencer Tiktok, pastikan bahwa audien influencer sesuai dengan target audien bisnis Anda.

Wow, Konstruksi Masjid Al-Yahya Karanganyar Awet Sejak Zaman Wali Sanga

Manfaatkan Iklan TikTok

Seperti halnya platform media sosial lain, iklan di Tiktok dapat membantu Anda dalam menjangkau pengguna lain secara luas Tiktok juga menawarkan penargetan yang tepat. Anda dapat memastikan bahwa iklan Anda mempu menjangkau pengguna yang kemungkinan tertarik dengan tawaran produk bisnis Anda.

Manfaatkan pula tipe-tiple iklan yang ditawarkan Tiktok, mulai dari iklan konten asli infeed, iklan merek, tantangan hashtag, iklan lensa bermerek, dan lainnya. Pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Melihat kesempatan ini, TikTok dapat menjadi langkah awal yang baik untuk membuka dan mengembangkan bisnis Anda. Apalagi, dilansir dari Liputan6.com, menurut Influencer Marketing Hub, Tiktok kini memiliki 500 juta pengguna dan merupakan aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia.

Mantul! Film “Une Barque Sur L’Ocean” Prancis Promosikan Wisata Indonesia

Bahkan bukan tidak mungkin di masa depan akan muncul tren menjadi tiktoker, yaitu orang yang menjadikan Tiktok sebagai ladang pekerjaan. Hal ini diperkuat dengan pernyataan pengamat tren pemasaran, Yoris Sebastian. Ia mengatakan video pendek dan vertikal seperti di Tiktok masih akan populer di Indonesia tahun ini.

Menurutnya, brand serta masyarakat harus mulai melihat bagimana menggunakan Tiktok untuk menyampaikan pesan-pesan mereka, termasuk pesan-pesan bisnis.

“Tiktok sebagai wadah video pendek menjadi pilihan karena tidak hanya menyajikan diversifikasi konten tetapi memiliki fitur editing yang mumpuni bagi masyarakat yang ingin berkreativitas dalam menyebarkan pesan-pesan berdampak sosial dan positif,” kata dia seperti dikutip dari Bisnis.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya