SOLOPOS.COM - Ilustrasi guru (Dok. JIBI/Harian Jogja)

Pembayaran gaji guru telat hingga sepekan. DPRD Jateng pun meminta klarifikasi.

Solopos.com, SOLO — Komisi E DPRD Jawa Tengah (Jateng) akan meminta klarifikasi kepada Dinas Pendidikan Jateng terkait keterlambatan pembayaran gaji guru SMA dan SMK untuk Januari 2017. Para guru di beberapa daerah baru menerima gaji pada Senin (9/1/2017).

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Sekretaris Komisi E DPRD Jateng, Hasan Asy’ari, mengatakan anggaran untuk gaji guru SMA dan SMK telah ditetapkan pada APBD Jateng. “Saya malah baru tahu adanya keterlambatan gaji guru SMA dan SMK dari wartawan. Saya akan klarifikasi ke Dinas Pendidikan dan Biro Keuangan Pemerintah Provinsi Jateng,” katanya dihubungi Solopos.com, Selasa (10/1/2017).

Terjadinya keterlambatan ini, menurut dia, diduga karena belum siapnya sistem pengimputan data nomor induk pegawai (NIP) guru SMA dan SMK seluruh Jateng. Di samping itu, ada pengurangan anggaran dana alokasi umum (DAU) 2017 dari pemerintah pusat ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng senilai Rp800 miliar.

Anggaran DAU diperuntukan untuk membayar gaji pegawai negeri sipil (PNS), termasuk gaji guru SMA dan SMK pascadikelola Pemprov Jateng. “Berkurangnya DAU itu akan berimbas pada pembayaran gaji PNS,” tandas politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Dia berharap permasalahan tersebut bisa segera diatasi Pemprov Jateng sehingga pembayaran gaji guru SMA dan SMK Februari 2017 tidak terlambat lagi. “Optimistis bisa ditangani dan gaji guru SMA dan SMK bulan depan [Februari] sudah lancer, tidak terlmbat lagi,” ujar Hasan.

Soal honor untuk guru honorer atau guru tidak tetap (GTT) SMA dan SMK, Hasan menyatakan tidak ada masalah karena sudah dianggarkan.
“Honor GTT nantinya standar upah minimum kabupaten/kota [UMK] masing-masing,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya