SOLOPOS.COM - Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) melihat dari dekat mobil terbaru Hyuandai Stargazer yang dipamerkan di ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (11/8/2022). GIIAS 2022 yang berlangsung 11 - 21 Agustus 2022 diikuti 25 merek kendaraan penumpang dan komersil anggota Gaikindo serta menghadirkan produk mobil baru dan konsep serta sepeda motor. (Solopos.com/Antara)

Solopos.com, JAKARTA–Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menggelar Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS untuk kali ke-29.

GIIAS tahun ini bertajuk Future is Bright. Pameran otomotif bertaraf internasional terebut dibuka Menteri Koordinator bidang Perkonomian Airlangga Hartarto bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (11/8/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menyampaikan turut mendukung substitusi impor melalui penggunaan bahan baku yang didominasi produk lokal.

“Industri otomotif Indonesia terus mendorong penggunaan komponen dalam negeri, paling penting untuk mengurangi impor dan mendorong menilai ekspor, baik CBU maupun komponen. Saat ini berbagai jenis kendaraan bermotor yang diproduksi di Indonesia telah memiliki kandungan lokal 30%-80%,” ujar dia dalam sambutan pembukaan GIIASS, Kamis (11/8/2022).

Melihat kinerja ekspor kendaraan bermotor, Yohannes menyampaikan bahwa sepanjang Juni hingga Juli 2022 total ekspor CBU mencapai 242.201 unit serta jutaan CKD serta komponen.

“Dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya tetcatat kenaikan angka ekspor CBU sebesar 45,8%,” lanjutnya.

Sesuai dengan ketentuan pemerintah, Saat ini produk kendaraan bermotor yang diproduksi oleh anggota Gaikindo telah menerapkan standar emisi gas buang sebagai bentuk nyata mendukung program pemerintah Mencapai net zero emiision kendaran bermotor listrik berbasis baterai.

Maka sejak 2022 beberapa anggota Gaikindo telah mulai memproduksi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai atau electric vehicle (EV).

“Melalui GIIAS, Gaikindo menggelorakan semangat menuju masa depan yang cerah sejalan dengan tema GIIAS tahun ini the future is bright. Kami akan terus mendorong pencapaian industri otomotif dan menjadi pembuka akses pasar global, memaksimalkan kapasitas produksi dan menjadikan Indonesia sebagai industri otomotif terbesar di Asia Tenggara,” jelas dia.

Seusai meresmikan pembukaan GIIAS 2022, Airlangga Hartarto dan Agus Gumiwang mengunjungi seluruh area pameran GIIAS 2022, mulai dari peserta kendaraan penumpang, kendaraan komersial, dan area industri pendukung.

Total ada 25 merek kendaraan penumpang dan komersial yang berpartisipasi pada gelaran GIIAS 2022. Dari sejumlah merek tersebut, beberapa di antaranya akan memamerkan kendaraan listrik mereka.

Sejumlah merek yang akan berpatisipasi yaitu Audi, BMW, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, dan dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso dan UD Trucks.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul GIIAS 2022, Gaikindo: TKDN Produk Lokal Tembus 80 Persen

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya