SOLOPOS.COM - Generasi milenial (foto: youthmanual.com).

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (19/12/2017). Esai ini karya Heri Susanto, dosen di STIE Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah herisusanto303@gmail.com.

Solopos.com, SOLO–Generasi milenial merupakan generasi yang akan menjadi bagian penting dalam perkembangan Indonesia, apalagi jika melihat pada prediksi periode bonus demografi pada 2020-2030. Saat itu penduduk usia produktif lebih banyak dibandingkan usia nonproduktif.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Generasi milenial merupakan penerima tongkat estafet kepemimpinan masa depan, sekaligus sebagai generasi muda harapan bangsa. Mereka adalah anak bangsa yang memiliki potensi dan idealisme untuk mewujudkan Indonesia unggul yang menjadi cita-cita founding fathers kita.

Semangat idealisme para pemuda termasuk kepedulian terhadap bangsa  ini masih sangat tinggi. Itu tercermin dari kritik dan berbagai keprihatinan yang diungkapkan atas kekurangan penyelenggaraan pembangunan yang sedang berlangsung  serta sektor ekonomi.

Indonesia harus memiliki generasi inovator baru, berpemikiran baru. Kemampuan inovasi sangat mutlak. Generasi muda harus mampu mencuri perhatian para investor agar karya mereka bisa dikembangkan atau bahkan diproduksi secara massal.

Produk tongkat untuk swafoto atau narsis yang di masyarakat biasa disingkat dengan “tongsis” merupakan salah satu produk hasil inovasi yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Barang itu ternyata diciptakan oleh wirausaha muda Indonesia.

Dari inovasi harus ada penguatan produk dalam bentuk paten agar ide ”tongsis” tidak dengan mudah ditiru dan dijual massal sehingga tidak ada kekuatan mutlak pada inovasi tersebut. Yakinlah, kemajuan akan tercapai karena keinginan supaya gerak pembangunan dan kemajuan ekonomi mencapai sasaran sebagaimana yang direncanakan untuk kemajuan bangsa ini.

Peran nyata pemuda sebagai penggerak ekonomi sangat diharapkan untuk menopang  keberlangsungan ekonomi bangsa. Generasi milenial juga memiliki kelebihan yaitu mampu berpikir di luar kebiasaan atau disebut juga out of the box.

Dengan kemampuan tersebut, pemuda dapat berpikir secara kreatif dan mampu mengembangkan sesuatu menjadi lebih bernilai. Seiring dengan itu bahwa keadaan perekonomian di dunia kian memperlihatkan persaingan yang ketat.

Selanjutnya adalah: Tiap negara maju maupun berkembang

Negara Maju

Tiap negara maju maupun berkembang berburu untuk menjadi pemilik pertumbuhan ekonomi terbaik di dunia, namun tetap saja pemenangnya hanya satu. Hal inilah yang mendasari seluruh negara berlomba menjadi urutan nomor satu.

Dengan persaingan yang ketat ini mengharuskan Indonesia terus menggali potensi dan kekayaan sumber ekonomi untuk memajukan dan menyejahterakan rakyat. Salah satu solusi yang dapat dilakukan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yaitu dengan pemberdayaan ekonomi kreatif.

Ekonomi kreatif merupakan gelombang ekonomi baru yang lahir pada awal abad ke-21. Gelombang ekonomi baru ini mengutamakan intelektual sebagai kekayaan yang dapat menciptakan uang, kesempatan kerja, pendapatan, dan kesejahteraan. Inti dari ekonomi kreatif terletak pada industri kreatif, yaitu industri yang digerakkan oleh para kreator dan inovator.

Belajar dari pemahaman itu maka kita dapat melihat perkembangan Kota Solo dengan wisata kuliner, pasar seni, barang antik, dan pertunjukan seni berbasis budaya. Kota Bandung berkembang dengan basis distro atau factory outlet.

Kota Batu berkembang dengan wisata kebun apel sehingga dijuluki sebagai De Kleine Switzerland atau Swiss Kecil di Pulau Jawa. Kabupaten Jember mendunia dengan Jember Fashion Carnival. Kota Bangkok di Thailand mengemas potensi wisata sungai Chao Praya dari yang ”biasa-biasa saja” menjadi sesuatu yang ”luar biasa”.

Kini di setiap pemberhentian jalur sungai di Thailand itu diberi sentuhan kreativitas dan inovasi sehingga menjelma menjadi destinasi wisata yang berperan sentral dalam menggerakkan ekonomi  masyarakat  lokal Thailand  dengan beragam produk kerajinan, pertunjukan seni, dan aneka event lainnya.

Generasi milenial memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berkembang dewasa ini banyak ditopang generasi muda. Sebagian mereka masuk ke industri kecil dan menengah sektor kreatif maka tidaklah mengherankan semakin banyak kota yang menjadikan ekonomi kreatif sebagai ujung  tombak dan katalisator pengembangan ekonomi daerah.

Selanjutnya adalah: Menjadi pemenang di tengah persaingan 

Pemenang

Untuk menjadi pemenang di tengah  persaingan yang semakin ketat ini,  kota-kota, daerah, dan provinsi harus lebih menumbuhkan ”iklim” orang-orang yang dimotori kaum muda dengan semangat inovasi dan kreativitas sehingga mampu berperan  layaknya Midas touch, yakni memoles sesuatu dari yang ”biasa-biasa saja menjadi ”sesuatu yang luar biasa”.

Harapannya pada pemerintah adalah pada masa depan dalam progamnya memerhatikan pengembangan dan kemajuan ekonomi kreatif. Dalam proses pengembangan dan kemajuan ekonomi kreatif sangat dibutuhkan peran pemerintah.

Geliat ekonomi kreatif  ini hendaknya jangan disia- siakan. Pemerintah perlu memfasilitasi dengan menyediakan pasar dan faktor-faktor produksi. Kebijakan-kebijakan ekonomi yang diambil juga hendaknya berpihak pada kemajuan ekonomi kreatif.

Hal ini telah dibuktikan oleh pemerintah Inggris yang terus mendorong tumbuhnya pelaku ekonomi kreatif di negara tersebut melalui fasilitas dan bantuan dana sehingga Inggris dikenal sebagai negara yang penuh dengan kreativitas.

Kewirausahaan merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah sosial berupa pengangguran, kemiskinan, dan kerusakan lingkungan. Momentum kewirausahaan di Indonesia ditandai dengan hadirnya organisasi yang peduli dengan pengembangan kewirausahaan.

Pada prinsipnya setiap orang bisa berperan sebagai pembawa perubahan, termasuk pemuda. Inisiatif pemuda dalam hal kewirausahaan sosial dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan lingkungan. Bangsa ini membutuhkan banyak inisiatif pemuda yang mampu memadukan aktivitas bisnis dan aktivitas sosial.

Keuntungan menjadi entrepreneur adalah menjalankan bisnis sesuai dengan keinginan, berpeluang mendapatkan keuntungan yang lebih besar, tidak terikat waktu kerja dan banyak waktu luang, dan yang paling penting adalah dapat membuka lapangan pekerjaan baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Entrepreneur muda bisa membantu Indonesia mengatasi masalah pengangguran. Entrepreneur muda Indonesia akan menambah peluang untuk mengatasi kian banyaknya tenaga kerja terampil pada dewasa ini.

Pada dasarnya strategi pengembangan ekonomi kreatif terletak pada financial support (dukungan modal), human resource development (pengembangan sumber daya manusia), dan basic regulation (aturan main/perundang-undangan).

Dalam hal ini dibutuhkan peraturan pemerintah yang  dapat mengakomodasi kepentingan perkembangan ekonomi kreatif, sumber daya manusia yang berkualitas, dan network (pembentukan jaringan) yang solid antara aktor ekonomi kreatif, praktisi teknologi, dan pemerintah.

Selanjutnya adalah: Kreativitas dan teknologi merupakan proses



Proses

Kreativitas dan teknologi merupakan proses yang harus selalu berdampingan. Diperlukan pelatihan namun tidak cukup hanya pelatihan. Harus ada proses pembinaan untuk mengembangkan usaha dengan baik agar memiliki daya saing.

Indonesia memiliki potensi yang luar biasa pada sektor pariwisata. Wilayah yang sangat luas dibanding negara ASEAN lain membuat Indonesia punya banyak tempat yang bisa dieksplorasi sebagai tempat wisata alam maupun wisata nonalam (buatan).

Kekayaan dan keragaman budaya lokal, panorama alam pengunungan maupun pantai atau kelautan, dan peninggalan sejarah di Indonesia merupakan potensi pariwisata yang patut terus dikembangkan.

Tantangan untuk mewujudkan potensi industri pariwisata tersebut adalah mengelola dan mempromosikan aset-aset pariwisata. Permasalahan dalam pariwisata Indonesia adalah kurang optimalnya pengelolaan aspek pemasaran yang antara lain terlihat dari anggaran biaya promosi dan jumlah pusat promosi wisata.

Bagi generasi milenial, hal yang bisa lakukan terkait promosi kekayaan potensi wisata Indonesia adalah dengan mengeksplorasi kekayaan wisata alam maupun nonalam, membuat ulasan serta menggunakan media sosial yang saat ini menjadi sarana promosi paling efektif.

Kita harus bangga dengan kekayaan alam Indonesia dengan memilih berlibur di negeri sendiri, seperti naik gunung yang sedang menjadi tren bagi mahasiswa saat ini, snorkeling di pantai-pantai Indonesia, wisata kuliner khas daerah dan sebagainya.

Selain menikmati liburan di negeri sendiri, kita juga harus mengenalkan potensi wisata Indonesia agar lebih dikenal mancanegara dan tentu tetap menjaga kelestarian alam dan budaya Indonesia.



Seyogianya pemerintah mulai berkonsentrasi terhadap produk ekonomi kreatif  karena sektor ini merupakan sektor ekonomi yang selalu terbarukan. Pembinaan sektor produksi sangat penting untuk menjaga serta memperbaiki kualitas produk yang akan dijual.

Pemetaan sektor ekonomi kreatif yang dilanjutkan dengan pembinaan pada keseluruhan aspek yang dibutuhkan harus dilakukan secara serius bukan hanya sebatas pada pengguguran kewajiban di kertas.

Masalah sosial utama yang terjadi di Indonesia antara lain pengangguran, kemiskinan, dan kerusakan lingkungan. Kondisi tersebut tentunya akan mengganggu pembangunan dan stabilitas nasional. Yang dibutuhkan saat ini adalah suatu solusi nyata yang dapat membantu mengatasi permasalahan itu.

Salah satu solusi adalah dengan meningkatkan semangat kewirausahaan pada setiap individu di masyarakat, terutama pemuda sebagai tulang punggung bangsa, di antaranya adalah melalui pengembangan kewirausahaan.





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya