SOLOPOS.COM - Ilustrasi gambar ginjal manusia. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Gagal ginjal tidak bisa sembuh, karena itu sebelum terlambat kenali sejumlah gejalanya. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Dokter Ahli Penyakit Dalam, Ginjal dan Hipertensi, dr. Ni Made Hustrini, Sp. PD-KGH, menyebut sampai hari ini belum ada jenis obat maupun terapi di dunia yang mampu mengembalikan fungsi ginjal yang sudah rusak. Oleh karenanya, ia memastikan seseorang yang telah divonis mengalami penyakit ginjal kronik (PGK) tidak akan bisa sembuh atau kembali ke situasi normal.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Apalagi sudah masuk ke tahap gagal ginjal atau stadium 5 karena ginjal sudah mengecil dan fungsinya sudah sangat rendah di bawah 15% dari normal,” kata dr. Made dalam bincang santai bersama Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI) seperti dikutip dari laman resmi kpcdi.org pada Senin (17/10/2022).

Baca Juga: IDAI: Waspadai Gejala Gagal Ginjal Akut Misterius pada Anak

Meskipun gagal ginjal tidak bisa sembuh, Made meminta seluruh masyarakat untuk tenang. Meskipun mengalami gagal ginjal akan tetapi masih ada sel-sel di ginjal yang berfungsi maka proses terapi masih bisa dilakukan. Seperti ada 4%-5% sel ginjal yang masih bisa dirawat maka hal ini sangat berguna bagi angka harapan hidup pasien.

“Kalau kita bisa pelihara dengan baik, survivalnya dibandingkan dengan yg tidak punya maka akan jauh lebih baik,” jelasnya.

Baca Juga: Penyebab Gagal Ginjal Akut pada Anak belum Diketahui

Di sisi lain, jika pasien ingin hidup layaknya orang normal maka bisa melakukan transplantasi ginjal atau cangkok. Di Indonesia proses ini masih menggunakan donor hidup dari keluarga terdekat. Diharapkan ke depan Indonesia juga bisa melakukan transplantasi ginjal melalui donor jenazah karena sumbangan organ ini akan menyelamatkan nyawa banyak.

Berikut ini gejala gagal ginjal  seperti dikutip dari primayahospital.com pada Senin (17/10/2022):

Baca Juga: Pilihlah Es Teh tanpa Gula agar Kesehatan Tubuh Terjaga

– Nafsu makan berkurang
– Kelelahan
– Nyeri pinggang belakang (antara tulang rusuk ke 12 dan pinggul)
– Tekanan darah tinggi
– Mual atau muntah, bisa berlangsung selama berhari-hari
– Cegukan terus-menerus
– Kejang
– Irama detak jantung tak teratur
– Sesak napas
– Pembengkakan karena tubuh menumpuk cairan (terutama dapat terlihat di kaki)
– Perubahan kebiasaan buang air kecil, seperti sedikit atau tidak ada urine.

Kadang gejala gagal ginjal akut minimal dan hanya bisa dideteksi lewat tes laboratorium.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya