SOLOPOS.COM - Gabungan mahasiswa kampus di Semarang melakukan deklarasikan Dewan Energi Mahasiswa (DEM) sebagai alat untuk mengawal kedaulatan dan kelangsungan energi negeri, Minggu (20/10/2019). (Antara-Nur Istibsaroh)

Solopos.com, SEMARANG — Gabungan mahasiswa dari sejumlah kampus di Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (19/102019) malam, medeklarasikan Dewan Energi Mahasiswa (DEM) sebagai wadah pengawalan kedaulatan dan kelangsungan energi negeri.

Deklarasi di Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu malam itu menandai terbentuknya DEM Semarang dan dua DEM di tingkat kampus. Kedua DEM kampus itu adalah DEM Universitas Diponegoro (Undip) dan DEM Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekjen Serikat Pekerja Persada IV (SP PT Pertamina MOR IV) Solikin. "Kami mengapresiasi pembentukan DEM ini karena peran pemuda khususnya mahasiswa dalam memperjuangkan kedaulatan energi sangat dibutuhkan," kata Solikin sebagaimana dipublikasikan Kantor Berita Antara, Minggu (20/10/2019).

Menurut Solikin, kedaulatan energi harus diperjuangkan bersama-sama agar Pasal 33 UUD 1945 yang mengatur energi untuk negeri dan untuk kemakmuran rakyat dapat terlaksana. Pertamina sebagai perusahaan yang bergerak di bidang energi, tambah Solikin, memilki tanggung jawab untuk memberikan edukasi kepada seluruh stakeholder tanpa terkecuali civitas academica, termasuk mereka yang tergabung dalam DEM.

"DEM akan menjadi lokomotif pergerakan edukasi mahasiswa dalam mewujudkan kedaulatan energi. Masih banyak teman-teman kami yang belum mengerti, sehingga kali akan terus melakukan literasi," kata Presiden DEM Semarang Abdurohman Hizbuloh.

Program kerja DEM, lanjut Abdurohman, nantinya akan difokuskan pada tiga hal, yaitu Youth Movement, Empowerment, dan Integrity yang diaplikasikan dalam beberapa kegiatan seperti forum aktivitas energi dan diskusi tematik serta bazaar energi untuk rakyat.

Selain Presiden DEM Semarang Abdurohman Hizbuloh, dikukuhkan pula dalam kesempatan itu Presiden DEM Universitas Diponegoro Abbid, dan Defri selaku presiden DEM Universitas Negeri Semarang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya