SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SEOUL–Negara-negara maju yang tergabung dalam G7 sepakat untuk memberlakukan sanksi baru bagi Rusia terkait krisis Ukraina, demikian menurut peryataan bersama kelompok tersebut, Sabtu (26/4/2014).

Sementara, seorang pejabat senior AS mengatakan sejumlah sanksi terhadap Rusia akan diberlakukan mulai Senin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Langkah tersebut semakin memperkuat tekanan kelompok negara maju tersebut terhadap Kremlin, sejak Rusia mencaplok Krimea pada Maret.

“Kami telah sepakat untuk bertindak cepat untuk memberlakukan tambahan sanksi bagi Rusia,” demikian isi pernyataan bersama tersebut, sebagaimana dilaporkan AFP.

Ekspedisi Mudik 2024

“Dengan mendesaknya upaya mengamankan peluang bagi suksesnya pemungutan suara yang demokratis dan damai bulan depan dalam pemilihan presiden Ukraina, kami telah berkomitmen untuk segera bertindak mengintensifkan sanksi dan langkah-langkah untuk meningkatkan harga yang harus ditanggung Rusia akibat aksinya.”

Pernyataan tersebut dibuat setelah Presiden AS Barack Obama yang tengah berada di Seoul berbicara melalui telepon dengan para pemimpin Eropa pada Jumat.

Kementerian Luar Negeri AS menyebut hal itu sebagai contoh para sekutu yang bekerja dengan “langkah berbaris teratur”.

Meski demikian, seorang pejabat senior AS menekankan bahwa langkah-langkah yang diambil masing-masing negara tidak harus sama. Beberapa negara Eropa sangat bergantung pada Rusia, yang merupakan pemasok energi yang besar.

“Setiap negara akan menetapkan sanksi apa yang akan mereka terapkan,” katanya.

“Sanksi-sanksi ini akan dikoordinasikan dan saling melengkapi, namun tidak harus sama. Sanksi AS akan diterapkan mulai Senin.”

Pernyataan G7 tersebut juga memuji sikap menahan diri pemerintah Kiev dalam menghadapi kelompok bersenjata pro-Rusia yang telah menduduki gedung-gedung pemerintah di timur Ukraina saat krisis di negara itu terus meluas.

“Sebaliknya, Rusia tidak mengambil langkah nyata untuk mendukung kesepakatan Jenewa.

“Negara itu tidak menunjukkan secara publik dukungannya terhadap kesepakatan tersebut, ataupun mengecam aksi kelompok separatis yang ingin mengacaukan Ukraina, atau mengimbau kelompok bersenjata untuk meninggalkan gedung pemerintah yang telah mereka duduki serta meletakkan senjata.

“Sebaliknya, Rusia terus menambah ketegangan dengan retorika dan manuver-manuver militer yang mengancam di perbatasan Ukraina.”

“Kami menegaskan kembali kecaman keras terhadap aksi melanggar humum Rusia mencaplok Krimea dan Sevastopol, yang tidak kami akui.”

“Kami sekarang akan mengambil langkah hukum dan konsekuensi praktis atas pencaplokan ini, termasuk dalam wilayah ekonomi, perdagangan dan keuangan,” demikian isi pernyataan bersama G7.

AS akan menahan kekuatan-kekuatan itu sebagai cadangan jika pasukan Rusia menginvasi negara tetangganya di barat itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya