SOLOPOS.COM - Rektor Universitas Kristen Satya Wacana atau UKSW Neil S. Rupidara, SE.,M.Sc.,Ph.D. melantik fungsionaris Lembaga Kemahasiswaan (LK) UKSW periode 2022 di Balairung Universitas, baru-baru ini. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Fungsionaris Lembaga Kemahasiswaan (LK) Universitas Kristen Satya Wacana atau UKSW Salatiga periode 2022 dilantik Rektor UKSW Neil S. Rupidara, SE.,M.Sc.,Ph.D. di Balairung Universitas, baru-baru ini.

Pelantikan secara resmi ditandai dengan pengalungan kalung senator pada Ketua Umum Senat Mahasiswa Universitas (SMU) Ivander Carl Pratama Manulang dan Badan Perwakilan Mahasiswa Universitas (BPMU) Mariano Chrisanto Nataleo Ombo.

Neil Rupidara yang hadir didampingi Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Andeka Rocky Tanaamah, S.Kom., M.Cs serta Kepala Kantor Lembaga Layananan Kemahasiswaan (LLK) Giner Maslebu, S.Pd, S.Si, M.Si., menyebut alih kepemimpinan dalam sebuah organisasi merupakan tradisi positif yang menandakan eksistensi organisasi tersebut.

Baca Juga: Mahasiswa UKSW Ikuti MBKM, 4 Bulan Dampingi 13 Sekolah di Kupang

Oleh karena itu kesempatan ini menurutnya menjadi sebuah momentum untuk mewariskan tradisi organisasi yang telah dimulai oleh pimpinan UKSW terdahulu.

Mahasiswa UKSW dibentuk menjadi kaum creative minority sehingga saat ini kita ditantang untuk melakukan hal-hal yang tidak biasa, berani berpikir out of the box. Lembaga kemahasiswaan merupakan tempat untuk bertumbuh karena di sinilah Anda dapat menyampaikan gagasan, berdiskusi hingga menciptakan solusi-solusi,” terang Neil.

Mahasiswa di UKSW, disebut Neil memegang peran sentral. Karena itulah Rektor UKSW mengimbau kepada seluruh fungsionaris LK terpilih untuk bertindak dengan hati-hati serta menjaga sikap rendah hati.

Baca Juga: Mahasiswa Fiskom UKSW Terbitkan Buku Sepak Terjang Organisasi Wanita Salatiga

Kepada fungsionaris LK yang mewakili lebih dari 16.000 pikiran mahasiswa UKSW, Neil juga menekankan agar program-program yang dihadirkan merupakan perwujudan aspirasi dan bermanfaat bagi perkembangan universitas.

Menyambut pesan dengan rektor UKSW, Ketua Umum SMU Ivander Carl Pratama Manulang mengatakan siap berkontribusi bagi UKSW. Dalam pidatonya, Ivander mengusung tema Menuju LK yang Adaptif, Inovatif dan Solutif.

Disampaikannya, sebagai bagian dari masyarakat global fungsionaris LK siap menghadapi perubahan di sekitar dengan memperkuat jaringan dan cepat dalam beradaptasi.

Baca Juga: 6 Program Studi Terakreditasi Unggul, Ini Sejumlah Pencapaian UKSW

Adapun melalui program yang disusun ke depan, fungsionaris LK siap memberikan inovasi yang berdampak pada perkembangan organisasi. “Seperti yang disampaikan Pak Rektor, kami akan melakukan hal-hal yang out of the box, sehingga perubahan tersebut LK dapat memberikan solusi yang baik bagi pengembangan mahasiswa,” tegasnya.

Wadah Aspirasi Mahasiswa UKSW

Pelantikan Fungsionaris LK UKSW (2)
Rektor Universitas Kristen Satya Wacana atau UKSW Neil S. Rupidara, SE.,M.Sc.,Ph.D. melantik fungsionaris Lembaga Kemahasiswaan (LK) UKSW periode 2022 di Balairung Universitas, baru-baru ini. (Istimewa)

Senada, Ketua BPMU UKSW periode 2022 Mariano Chrisanto menyatakan bahwa LK hadir untuk menjadi wadah aspirasi mahasiswa yang bertanggung jawab. LK juga hadir dan hidup di kalangan mahasiswa dengan tujuan untuk bersama mewujudkan visi dan misi UKSW.

Mengusung tema LK yang progresif dan revolusioner, bersama dengan seluruh fungsionaris LK Mariano ingin mengurai ragam permasalahan di LK menggunakan teropong progresif dan revolusioner.

Baca Juga: Kenalkan Nilai Creative Minority Sejak Dini, Ini Strategi UKSW Salatiga

“Kami ingin LK kembali menghidupi makna kehadirannya sebagai bagian dari UKSW sehingga perlu adanya upaya pembaharuan dari akar. Harapannya, melalui ketersediaan sumber daya yang mumpuni LK periode ini dapat menghadirkan gagasan konsep yang terintegrasi dengan rencana strategis pengembangan UKSW sehingga dapat bersaing dengan kampus-kampus terkemuka lainnya. Cita-cita ini dapat terwujud jika mahasiswa berpartisipasi aktif,” pungkasnya.

Dalam acara pelantikan yang mengusung tema “Sama seperti anak manusia datang. Bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani (Matius 20:28a)” juga turut dilantik fungsionaris Lembaga Kemahasiswaan di aras fakultas.

Secara simbolis Ketum SMU mengalungkan selempang fakultas pada Ketua Senat Mahasiswa Fakultas (SMF) dan Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (BPMF).

Rekomendasi
Berita Lainnya