;

Fungsi dan Cara Mengaktifkan Pesan Sementara pada WhatsApp

Tak semua pesan harus dipertahankan permanen maka WhatsApp meluncurkan fitur pesan sementara.
SHARE
Fungsi dan Cara Mengaktifkan Pesan Sementara pada WhatsApp
SOLOPOS.COM - Tangkapan layar tampilan pengaturan fitur pesan sementara pada WhatsApp. (Gambar: blog.whatsapp.com)

Solopos.com, SOLO – WhatsApp baru-baru ini merilis tambahan pilihan durasi penayangan pesan sementara. Sebenarnya apa sih fungsi dan cara mengaktifkan fitur WhatsApp tersebut?

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Senin (13/12/2021), pesan sementara dihadirkan WhatsApp untuk menambah layanan komunikasi dengan privasi yang cukup. Aplikasi perpesanan tersebut menilai tak semua konten pesan yang dikirim perlu disimpan secara permanen.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Fitur pesan sementara sebenarnya sudah diperkenalkan oleh WhatsApp tahun lalu. Dimana pengguna bisa membuat foto dan video langsung menghilang setelah dilihat sekali, fitur tersebut bernama View Once.

Baca Juga: Malas Mengetik? Pengguna WhatsApp Bisa Balas Pesan Pakai Cara Ini

WhatsApp menghendaki pengguna bisa memiliki kendali lebih besar terhadap pesan yang ingin mereka sampaikan ke kontak orang-orang dekat. Nah, saat fitur pesan sementara diaktifkan maka pengguna bisa mengatur durasi pesan bisa dilihat dan kapan pesan itu harus menghilang. Fitur baru ini bersifat opsional dan tidak akan mengubah atau menghapus pesan yang sudah ada.

Kini, pilihan durasi penayangan pesan itu ditambah dengan dua opsi yakni 24 jam dan 90 hari. Pilihan durasi penayangan pesan 7 hari sudah ada sebelumnya.

Ekspedisi Energi 2022

Baca Juga: WhatsApp Siapkan 5 Fitur Baru yang Segera Dirilis, Apa Saja?

Fitur ini sepertinya membantu juga bagi pengguna memilah mana pesan yang butuh dipertahankan secara permanen maupun yang kurang penting. Tujuan besar WhatsApp menghadirkan fitur pesan sementara ini adalah agar pengguna tak megorbankan privasi percakapan pribadi.

Fitur pesan sementara bisa diaktifkan di chat individual maupun chat di grup. Jika pengguna tidak membuka WhatsApp selama periode waktu 24 jam, 7 hari, atau 90 hari, pesan tersebut akan hilang dari chat. Namun, pratinjau pesan mungkin masih akan ditampilkan di notifikasi sampai WhatsApp dibuka.

Baca Juga: Nama dan Foto Bupati Klaten Dipalsukan di WA untuk Penggalangan Dana

WhatsApp memberi catatan untuk pengguna, yakni fitur pesan sementara direkomendasikan digunakan hanya dengan orang-orang yang dipercaya. Mengapa? Karena kategori itu menjamin materi pesan saat diteruskan atau diambil tangkapan layarnya atau menyimpan sebelum pesan menghilang.

Pengguna juga harus memikirkan pesan sementara bisa disalin dan disimpan sebelum pesan menghilang. Cara mengaktifkan pesan sementara pada iPhone maupun Android sama, yakni membuka pengaturan lalu mengetuk akun, privasi dan timer pesan default dan memilih durasi yang dikehendaki.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago