Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

FP UNS Resmikan Laboratorium Pertanian Terpadu di Jatiyoso Karanganyar

Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) meresmikan Laboratorium Pertanian Terpadu di Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar.
SHARE
FP UNS Resmikan Laboratorium Pertanian Terpadu di Jatiyoso Karanganyar
SOLOPOS.COM - Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) meresmikan Laboratorium Pertanian Terpadu di Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (2/7/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLOFakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) meresmikan Laboratorium Pertanian Terpadu di Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (2/7/2022).

Peresmian dilakukan oleh Dekan FP UNS Prof. Samanhudi dan disaksikan oleh Syafarudin, PhD sebagai Kepala Pusat Penelitian Pengembangan Perkebunan Kementan RI, Dr Tedy Dirhamsyah selaku Kepala Balai Tanaman Industri dan Penyegar (BALITTRI) dan pemerintah daerah setempat.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Selain meresmikan laboratorium, Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Kerja Sama Bisnis dan Informasi FP UNS Dr. Agung Wibowo menadatangani kontrak kerja dengan Kepala BALITTRI  Dr. Tedy Dirhamsyah untuk mengembangkan kawasan perkebunan di sekitar Laboratorium Pertanian Terpadu  di Jatiyoso.

Baca Juga: Mentan-Menparekraf Bicara Bisnis Pertanian & Agroecotourism di FP UNS

Wilayah di sekitar laboratorium dinilai memiliki potensi besar dalam pengembangan perkebunan kopi yang didukung dengan tanah yang subur dan air yang mudah didapatkan.

Sebagai bentuk kepedulian nyata dalam pengembangan kawasan perkebunan, Kepala Pusat Penelitian Pengembangan Perkebunan Kementan RI memberikan bantuan secara simbolik bibit tanaman kopi kepada UNS dan masyarakat sekitar laboratorium.

Bersamaan dengan kegiatan peresmian, FP UNS turut mengadakan pengabdian dalam rangkaian Dies Natalis ke-46 dengan tema Pengembangan Kawasan Perkebunan dan Hortikultura dan narasumber penyuluhan Leonardo Silalahi dan Abdul Azis dari PT BISI Indonesia.

Baca Juga: FP UNS Bahas Model Ketahanan Pangan Bersama Birokrat dan Pengusaha

Ketua panitia Dies Natalis FP UNS Dr. Muji Rahayu melaporkan sebanyak 100 petani di Kecamatan Jatiyoso mengikuti kegiatan ini. Untuk meningkatkan pertanian jagung di Jatiyoso, peserta penyuluhan diberikan bantuan berupa benih jagung unggul oleh PT BISI Indonesia dengan total bantuan mencapai 375 kg yang langsung dibagikan kepada 100 petani yang mengikuti penyuluhan.

“Diharapkan dari benih unggul tersebut, petani jagung di Jatiyoso mendapatkan peningkatan panen dan pendapatan. Bersama dengan pemberian benih unggul, FP UNS turut memberikan bantuan berupa sembako sebanyak 200-an masyarakat di sekitar lahan,” ujar FP UNS dalam rilis kepada Solopos.com.

Di lokasi yang tidak jauh dengan laboratorium, juga diselenggarakan kegiatan dengan membidik generasi muda di wilayah Kecamatan Jatiyoso.

Baca Juga: Universitas Halu Oleo dan Universitas Tidar Benchmarking ke FP UNS

Untuk meningkatkan kesadaran mengenai dunia pertanian kepada anak-anak, turut dilaksanakan lomba mewarnai tingkat TK hingga SD kelas III.  “Kegiatan ini disambut baik oleh anak-anak di Jatiyoso dan diharapkan memberikan gambaran kepada generasi muda mengenai dunia pertanian secara luas.”

Koordiantor Wilayah Dinas Pendidikan Jatiyoso Winarno MPd menyambut baik dan terima kasih atas kegiatan Dies Natalis UNS di Kecamatan Jatiyoso. Dalam sambutannya Winarno menekankan pentingnya mengasah kreativitas untuk membangun kapasitas SDM sejak dini.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode