SOLOPOS.COM - Ilustrasi berfoto dengan gelandangan (Dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Tren pada jejaring sosial selalu saja cepat berubah sesuai fenomena populer di masyarakat. Kini tren yang baru hadir di Intagram adalah memasang foto selfie bersama para gelandangan.

Dilansir Daily Mail, Selasa (11/2/2104), ide tersebut kali pertama dipopulerkan Jason Feifer yang memasang foto selfie-nya dengan gelandangan di ketiga akun pribadinya, Instagram, Tumblr, dan Twitter.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Remaja berfoto selfie dengan latar belakang gelandangan (Dailymail.co.uk)

Remaja berfoto selfie dengan latar belakang gelandangan (Dailymail.co.uk)

Ekspedisi Mudik 2024

Foto yang ia tunjukkan sebagian besar diambil tanpa sepengetahuan gelandangan di saat mereka tengah tertidur lelap. “Salah satu hal yang saya favoritkan adalah saat media sosial dilihat begitu banyak orang, dengan mengunggah foto tanpa sepengetahuan mereka,” ujar Feifer pada Bisnis Insider.

Ia juga tak menyangka bahwa idenya akan ditiru oleh sebagian besar remaja. Feifer pun mengaku gitang ketika eksperimennya menjadi sebuah hal yang begitu umum dilakukan sekarang.

Ia mengatakan bahwa idenya ini memang akan lebih menarik jika orang lain juga melakukan hal yang sama dengannya. Seperti pada foto karya Feifer, gelandangan yang foto mereka diunggah pada akun media jejaring sosial para remaja itu sebagian besar tak menyadari foto mereka jadi konsumsi publik.

Itu berarti misi Feifer sejatinya ditumbuh kembangkan pula oleh para remaja. Langkah Feifer mengunggah foto selfie dengan latar belakang gelandangan sejatinya bukan sekadar perbuatan iseng.

Ada motif sosial yang dilakukan oleh Feifer. Melalui blognya, ia menciptakan 2 link yang mengarahkan pengunjung kepada kegiatan amal yang ditujukan bagi gelandangan di sebuah organisasi khusus tunawisma.

Awal ide Feifer muncul saat ia melakukan foto selfie bersama istrinya tengah saat berada di kota Amsterdam, Belanda di sebuah pemakaman korban ledakan Chernobyl dan Pearl Harbor. Fotonya langsung mendapat reaksi keras dari para pengguna Internet yang tak menyukai tindakannya berfoto di sebuah areal pemakaman.

Karena itulah ia mulai berpikir untuk mencari sebuah ide baru yang unik. Sesaat kemudian ide gilanya muncul bahwa dirinya akan melakukan foto selfie dengan para gelandangan. “Apakah ada sesuatu yang lebih buruk dari pada foto selfie di pemakaman. Oh ya. Aku menemukannya: Selfie dengan orang-orang gelandangan,” tulisnya di akun Twitter.

Bagaimana menurut Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya