SOLOPOS.COM - Maket rel layang Joglo, Banjarsari, Solo. (Solopos-Ika Yuniati)

Solopos.com, SOLO — Proses peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek pembangunan rel layang (elevated rail) di Simpang Joglo, Banjarsari, Solo, dilaksanakan, Sabtu (8/1/2022). Acara itu dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan sejumlah stakeholder terkait.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, PT Wijaya Karya (Persero) atau Wika menjadi pemenang tender proyek pembangunan rel layang Joglo, Solo, tahap I yang akan dimulai dengan peletakan batu pertama pada Sabtu hari ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nilai anggaran proyek yang bertujuan mengatasi kemacetan di simpang tujuh palang Joglo, Banjarsari, Solo, itu mencapai hampir Rp1 triliun, tepatnya Rp980 miliar dengan beberapa tahap pengerjaan. Setelah peletakan batu pertama, PT Wijaya Karya akan langsung bekerja menggarap proyek tahap I dengan nilai anggaran sekitar Rp280 miliar dan ditargetkan rampung pada tahun ini juga.

Baca juga: Groundbreaking Rel Layang, Jalur Utama Simpang Joglo Solo Tetap Dibuka

Pekerjaan akan dimulai dengan pembuatan pilar untuk fondasi rel layang di dekat Simpang Joglo. Untuk mendukung pengerjaan bagian ini, rel kereta api yang ada sekarang akan digeser agar tetap bisa digunakan untuk lalu lintas perjalanan KA. Total ada 60 perjalanan KA yang melintasi jalur Solo-Semarang itu tiap harinya.

Bahan Didominasi Baja

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jateng, Putu Sumarjaya, seusai sosialisasi yang digelar di Balai Tawangarum Kompleks Balai Kota Solo, Selasa (4/1/2022), mengatakan bahan pembuangan rel layang itu didominasi baja. menurutnya, rel layang Joglo yang memiliki bentang panjang 134 meter itu dirancang untuk menjadi ikon Kota Solo.

“Anggaran total Rp980 miliar yang terdiri dari beberapa paket, di antaranya struktur, kemudian elevated rail, dan non-elevated, serta pembangunan jembatan,” ujarnya.

Baca juga: PT Wika Garap Proyek Rel Layang Joglo Solo Tahap I Senilai Rp280 Miliar

Berikut foto-foto persiapan groundbreaking rel layang Joglo Solo:

rel layang joglo
Menhub Budi Karya Sumadi, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, melihat2 maket rel layang di Palang Joglo, Solo, Sabtu (8/1/2022). (Solopos-Ika Yuniati)
rel layang joglo
Persiapan grounbreaking rel layang di Palang Joglo, Solo, Sabtu (8/1/2022). (Solopos-Ika Yuniati)
rel layang joglo
Menhub Budi Karya Sumadi, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, melihat2 maket rel layang di Palang Joglo, Solo, Sabtu (8/1/2022). (Solopos-Ika Yuniati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya