Foto-Foto Pasar Wisata Unik Di Soloraya

Sejumlah pasar wisata bermunculan di wilayah Soloraya dengan menawarkan makanan tradisional, dan lain-lain dengan alat pembayaran unik.
Foto-Foto Pasar Wisata Unik Di Soloraya

Banner Wisata Joglosemar

Solopos.com, SOLO — Sejumlah pasar wisata unik bermunculan di wilayah Soloraya dalam beberapa waktu terakhir. Ada yang muncul sejak sebelum pandemi Covid-19, ada pula yang muncul sebagai upaya membangkitkan ekonomi warga semasa pandemi.

Sebut saja Pasar Bahulak di Desa Karungan, Kecamatan Plupuh, Sragen, yang terkenal dengan wedang gemblungnya. Atau Pasar Doplang di Dusun Kembar, Desa Pandan, Kecamatan Slogohimo, Wonogiri, dengan berbagai jajanan tradisional yang sudah langka.

Selain dua lokasi itu, di Kecamatan Klaten juga ada Peken atau Pasar Pinggul di Desa Melikan, Kecamatan Wedi. Pasar Pinggul tak hanya menjual jajanan tradisional sebagai daya tarik tapi juga aneka kerajinan gerabah buatan tangan.

Baca Juga: Punya Wedang Gemblung hingga Sega Ketingan, Pasar Bahulak Sragen Siap-Siap Go Nusantara

Kabupaten Karanganyar tak mau kalah menghadirkan pasar wisata unik di Soloraya. Ada Pasar Ciplukan yang berlokasi di Dukuh Mlilir, Desa Gentungan, Kecamatan Mojogedang.

Pasar yang buka setiap Minggu pagi itu menjual aneka jajanan dan mainan tradisional untuk anak-anak. Semua pasar wisata unik itu memiliki ciri khas masing-masing namun ada kesamaannya yakni transaksi tidak menggunakan uang rupiah.

Alat Pembayaran

Ada yang menggunakan ketip, kepingan kayu atau batok kelapa. Alat pembayaran ini bisa didapat dengan menukarkan uang rupiah sesuai nilai yang ditentukan pengelola.

Baca Juga: Keunikan Pasar Doplang, Wisata Kuliner Wonogiri Dengan 140-An Menu Jajanan Tradisional

Berikut foto-foto pasar wisata unik di berbagai daerah di Soloraya yang berhasil dihimpun tim Solopos.com dan diambil sebelum masa pandemi Covid-19:

pasar kuliner wisata doplang wonogiri unik soloraya wisata
Pengunjung mengantre membeli makanan di Pasar Doplang di Slogohimo, Wonogiri. Foto diambil sebelum masa pandemi Covid-19. (Istimewa)

 

wisata kuliner pasar doplang wonogiri unik soloraya
Pedagang di lokasi wisata kuliner Pasar Doplang, Slogohimo, Wonogiri, menawarkan dagangan kepada pengunjung. Foto diambil sebelum masa pandemi Covid-19. (Istimewa)

 

pasar unik wisata soloraya
Pedagang menyiapkan dagangan di Pasar Pinggul Melikan, Wedi, Klaten. (Istimewa/Pendamping PKH Melikan)

 

pasar wisata unik soloraya
Salah satu menu makanan tradisional yang dijajakan di Pasar Pinggul, Desa Melikan, Wedi, Klaten. (Istimewa/Pendamping PKH Melikan)

 

pasar bahulak sragen wisata unik soloraya
Suasana Pasar Bahulak di Dukuh Sawahan, Desa Karungan, Kecamatan Plupuh, Sragen, Minggu (7/3/2021). (Solopos/Moh. Khodiq Duhri)

 

Pasar Bahulak sragen
Sejumlah pedagang menjajakan aneka kuliner di Pasar Bahulak di Desa Karungan, Kecamatan Plupuh, Sragen, beberapa waktu lalu. (Solopos/Moh. Khodiq Duhri)

 

pasar wisata unik soloraya pasar ciplukan karanganyar
Bupati Karanganyar Juliyatmono saat meninjau aktivitas pedagang di Pasar Ciplukan di Mojogedang, Karanganyar. Foto diambil sebelum masa pandemi Covid-19. (Solopos/Sri Sumi Handayani)
pasar wisata unik soloraya pasar ciplukan karanganyar
Pedagang menjajakan jajanan tradisional di Pasar Ciplukan, Mojogedang, Karanganyar. Foto diambil sebelum pandemi Covid-19. (Solopos/Sri Sumi Handayani)

 


Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago