SOLOPOS.COM - Anies Baswedan memberi pidato di depan simpatisan FKM, di Grand Pacific Hall, Rabu (16/11/2022) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Solopos.com, SLEMAN — Forum Ka’bah Membangun (FKM) mendeklarasikan dukungan kepada Anies Rasyid Baswedan untuk maju dalam Pilpres 2024 di Yogyakarta, Rabu (16/11/2022). Dalam deklarasi itu, Anies mengajak kepada sukarelawan supaya tidak memecah belah dan menjelekkan kelompok lain.

“Mari kita pastikan bahwa kita bukan rombongan pemecah belah, kita rombongan yang mempersatukan. Jangkau semua. Tidak perlu menjelakkan siapa pun,” kata Anies dalam deklarasi itu di Grand Pasific Hall, Rabu (16/11/2022).

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Dia meminta para sukarelawan untuk memastikan jika para pendukungnya bukan merupakan pemecah belah. Anies menginginkan para sukarelawan senantiasa memberikan hal positif kepada pihak berseberangan.

“Kalau yang sudah baik tidak perlu menjelekkan yang lain, tunjukkan kebaikannya. Kalau sudah baik buat apa menjelekkan, kita tinggal tunjukan kebaikannya,” ungkapnya.

Anies juga berpesan kepada para sukarelawan untuk menunjukkan rekam jejaknya selama memimpin Jakarta. Rekam jejak tersebut menurutnya bisa menjawab tudingan pihak lain dengan bukti nyata apa yang sudah dilakukan.

Baca Juga: Haedar Nashir Pastikan Tak Ada Intervensi dalam Pemilihan Ketum Muhammadiyah

“Jadi kalau ada tudingan macam-macam, seluruhnya harus diiringi dengan bukti. Buktinya gampang, lihat saja di Jakarta, sudah lima tahun silakan tengok, dan Alhamdulillah yang dijanjikan dengan izin Allah tertunaikan semua,” katanya.

Tokoh FKM, Anwar Sanusi, membacakan deklarasi dukungan untuk Anies. Dalam poin keempat, disebutkan FKM mendukung sepenuhnya Anies untuk maju sebagai calon persiden RI 2024. Kemudian poin kelima, FKM menginstruksikan seluruh simpatisan mensosialisasikan surat pernyataan dukungan ini.

“Kami bertekad bulat untuk memenangkan Bapak Anies Rasyid Baswedan dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI 2024. Demikian deklarasi kami tanda tangani dengan sesungguhnya tanpa paksaan dari mana pun juga,” tegasnya.

Ketua Umum FKM, Habil Marati, menuturkan selain mendukung Anies, ia juga berharap agar pendamping Anies sebagai Wakil Presiden mendatang berasal dari lingkungan militer. Meski demikian, ia belum menyebutkan secara pasti siapa pendamping tersebut.

Baca Juga: Kunjungi Kulonprogo, Anies Baswedan Dengarkan Keluhan Para Petani

Menurutnya, NKRI dibangun dari tiga unsur, yakni nasionalis, umat, dan militer. Militer ada sebelum NKRI dan turut membentuk NKRI.

“TNI harus hadir dalam kekuasaan negara. Tidak bisa dinafikkan bahwa keberadaannya dibutuhkan dalam menjaga stabilitas dalam percaturan ideologi nasional,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Datang ke Jogja, Anies Ajak Sukarelawan Tak Memecah Belah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya