SOLOPOS.COM - Printer 3D, Form 1 (kickstarter.com/projects/formlabs/form-1-an-affordable-professional-3d-printer)

Printer 3D, Form 1 (kickstarter.com/projects/formlabs/form-1-an-affordable-professional-3d-printer)

JOGJA—Teknologi printer tiga dimensi (3D) semakin berkembang belakangan ini. Meski begitu, harga perangkat yang mampu mencetak benda tiga dimensi dari aneka bahan itu dianggap masih cukup mahal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu perusahaan di Amerika Serikat, Formlabs, kini tengah mengembangkan printer 3D yang diklaim murah namun memberikan kualitas cetakan sesuai standar produksi.

Dilansir Phys.org, Jumat (28/9), tim peneliti Formlabs yang terdiri dari David Cranor, Maxim Lobovsky, dan Natan Linder mengerjakan proyek tersebut di MIT Media Labs. Mereka membuat printer 3D khusus bagi desainer yang membutuhkan presisi tinggi.

Produk seukuran komputer desktop bernama Form 1 itu mulai ditawarkan melalui situs Kickstarter.com guna meraih donasi untuk produksi massal. Hingga berita ini ditulis sebanyak 624 orang telah menyatakan komitmen mendukung proyek ini dengan donasi sebanyak US$902.953 dengan sisa waktu 28 hari. Padahal Formlabs hanya mematok target donasi US$100.000.

Pada keterangan di Kicstarter.com, Formlabs menjanjikan sejumlah keuntungan bagi donatur. Donatur dari luar Amerika Serikat yang membayar US$2.999 atau lebih dijanjikan mendapat satu set printer Form 1, 1 liter resin dan perangkat finishing. Formlabs belum menyebutkan berapa harga printer ini di pasaran nanti.

“Para pendukung kami (donatur) akan mendapat pelayanan khusus atas kepercayaan mereka pada proyek ini,” demikian pernyataan resmi Formlabs.

Penawaran Formlabs di Kickstarter.com dapat dilihat melalui tautan berikut ini.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya