SOLOPOS.COM - Bhre Cakrahutomo KGPAA Mangkunagoro X. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dikukuhkan menjadi pemimpin Pura Mangkunegaran Solo bergelar KGPAA Mangkunagoro X dengan usia yang masih sangat muda. Pada 29 Maret 2022 nanti, Bhre baru akan genap berusia 25 tahun.

Ia bahkan belum memiliki istri. Saat wawancara eksklusif pada Selasa (15/3/2022) malam, Solopos.com sempat menanyakan apakah Bhre sudah ada rencana menikah dalam waktu dekat. Mendapat pertanyaan itu, Bhre mengawali jawaban dengan tertawa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lalu Bhre menjawab ia belum mempunyai rencana untuk menapaki kehidupan pernikahan. “Untuk itu sih belum ya, sambil jalan saja,” kata Bhre saat itu.

Baca Juga: Wawancara Eksklusif Mangkunagoro X: Dari Kuliner hingga Kapan Menikah

Bhre yang kini menjadi pemimpin Mamgkunegaran Solo memang terkesan agak tertutup mengenai kehidupan asmara maupun pribadinya. Di lama Instagram pribadinya @bhresudjiwo, tak tampak unggahan yang menunjukkan kedekatannya dengan seseorang.

Laman Instagram Bhre justru dipenuhi foto pemandangan hasil jepretannya di sejumlah tempat di dalam maupun luar negeri. Bahkan Bhre hampir tidak pernah mengunggah foto dirinya.

Fokus Urus Mangkunegaran

Terkait belum adanya rencana menikah di usia menjelang 25 tahun, Bhre mempunyai alasan tersendiri. Ia mengaku ingin fokus mengurus dan memimpin Kadipaten Mangkunegaran dulu. Bila dirasa kepemimpinannya sudah tertata, stabil, dan berkembang, Bhre mengatakan baru akan lanjut ke tahap berikutnya.

Baca Juga: Jadi Pemimpin Pura Mangkunegaran, Ini Program Prioritas Bhre

“Fokus dulu di Mangkunegaran. Karena saya ingin Mangkunegaran ini stabil dan berkembang dulu. Nanti setelah semua oke, dari situ lanjut ke tahap berikutnya,” jelas Bhre.

Pria lulusan Fakultas Hukum (FH) Universitas Indonesia (UI) tahun 2015 itu mengatakan akan memberi tahu kepada khalayak jika nantinya ia telah mempunyai rencana untuk menikah.

Diikuti suara tawanya yang renyah, Bhre juga mengatakan akan memberitahukan hal itu jauh-jauh hari. “Ditunggu saja nanti pasti saya kabari, jauh-jauh hari,” ujarnya sambil tertawa.

Baca Juga: Bhre Tak Menyangka Pengukuhannya Dihadiri Presiden & Raja-Raja Mataram

Dukungan Masyarakat

Bhre juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dari masyarakat kepada Pura Mangkunegaran Solo selama ini. “Saya berterima kasih sudah mendukung kami,” katanya.

Seperti diketahui, Bhre yang merupakan putra bungsu KGPAA Mangkunagoro IX dikukuhkan sebagai penerus takhta sang ayah dengan gelar KGPAA Mangkunagoro X lewat upacara jumenengan di Pura Mangkunegaran Solo pada Sabtu (12/3/2022) lalu.

Baca Juga: Bhre Mangkunagoro X Suka Bestik dan Gudeg Lho, Ini Warung Favoritnya

Setelah itu, Bhre yang selama ini lebih banyak tinggal di Jakarta memutuskan untuk menetap di Solo. Bhre mengaku ingin serius mengurus Mangkunegaran dengan bekerja langsung di lapangan.

Bhre juga sudah memiliki sejumlah program prioritas untuk penataan dan pengembangan Mangkunegaran, salah satunya digitalisasi semua dokumen penting dan naskah-naskah sejarah di Rekso Pustaka agar tidak punah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya