SOLOPOS.COM - Bus, mobil, dan sepeda motor memadati flyover Purwosari dari arah timur, Minggu (24/4/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, SOLO — Arus lalu lintas di jalur flyover Purwosari, Solo, pada H-8 Lebaran, Minggu (24/4/2022) siang, padat merayap. Kepadatan arus lalu lintas itu paling tampak di jalur dari arah timur.

Kepadatan dari arah timur menuju barat itu didominasi sepeda motor, mobil pribadi, bus Batik Solo Trans (BST), hingga bus AKAP dan AKDP. Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Ari Wibowo, mengatakan tahun ini diprediksi adanya peningkatan arus kendaraan pemudik dibanding dua tahun lalu saat ada PPKM.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Tahun lalu flyover Purwosari tidak macet karena masih masa PPKM selama dua tahun dan tahun ini ada peningkatan arus di banyak lokasi termasuk flyover Purwosari, baik dari barat maupun timur,” tuturnya kepada Solopos.com melalui pesan Whatsapp, Minggu.

Baca Juga: H-8 Lebaran, Dishub Solo Klaim Arus Lalu Lintas Pemudik Masih Landai

Ari menambahkan flyover Purwosari menjadi salah satu akses utama untuk arus mudik maupun arus balik. “Flyover Purwosari menjadi akses utama dan favorit masyarakat,” katanya.

Karena menjadi akses favorit masyarakat, Bidang Lalu Lintas Dishub Solo, kata Ari, menyiapkan langkah intervensi untuk meminimalkan dan mengantisipasi kemacetan di flyover Purwosari. “Kami intervensi lama lampu merah dan hijau di persimpangan traffic light terdekat dari central central control room Dishub,” ujarnya.

Petugas Patroli Diterjunkan

Traffic light terdekat flyover Purwosari yakni dari barat ada alat pemberi isyarat lampu lalu lintas (APILL) Kleco, kemudian Faroka, Kerten. Sedangkan dari arah timur dari APILL Purwosari, Gendengan.

Ari menambahkan Dishub juga akan memberikan arahan agar pengunjung mal Solo Square langsung berbelok ke kiri saat keluar mal agar tidak ada simpangan (crossing). “Sekaligus kami lakukan pemantauan dan arahan untuk Solo Square untuk exit wajib berbelok ke kiri atau ke barat sehingga tidak ada crossing, sedikit mengurangi kepadatan lalu lintas,” jelasnya.

Baca Juga: Lebaran, DKK Solo Pusatkan Layanan Vaksinasi Covid-19 di 2 Lokasi Ini

Ari menambahkan pantauan petugas patroli juga akan dikerahkan bila dibutuhkan untuk mengantisipasi kemacetan total. “Petugas patroli kota kami siagakan bila dibutuhkan langsung merapat ke lokasi,” tambahnya.

Khusnudin, seorang tukang ojek yang ditemui Solopos.com di halte Kerten, Minggu, mengatakan kepadatan arus lalu lintas terjadi siang mulai sekitar pukul 11.00 WIB. Sebelumnya, arus lalu lintas masih lancar.

“Macetnya mulai tadi siang sekitar pukul 11.00 WIB, macetnya sampai depan Solo Square, tadi pagi masih lancar,” ucap Khusnudin saat berbincang dengan Solopos.com di halte Kerten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya