SOLOPOS.COM - Ilustrasi penanganan flu burung. (Dok/JIBI)

Solopos.com, TOKYO — Pemerintah Jepang mendeteksi wabah flu burung pertama pada musim dingin tahun ini. Kasus flu burung yang disebut sangat mampu menyebabkan penyakit itu ditemukan di sebuah peternakan unggas di timur laut negara itu.

Kementerian Pertanian Jepang menyatakan sekitar 143.000 ekor ayam petelur dimusnahkan di peternakan Kota Yokote di Prefektur Akita dan zona terlarang ditetapkan hingga 10 km dari lokasi.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

“Dengan situasi di Jepang saat ini, kami tidak percaya bahwa ada kemungkinan flu burung menular ke manusia melalui konsumsi daging ayam atau telur,” kata kementerian dalam situs resminya pada Rabu seperti dilansir Antaranews.

Baca Juga: Peraih Nobel Perdamaian Malala Yousafzai Menikah dengan Sederhana

Sementara itu, peningkatan jumlah orang di China yang terinfeksi flu burung tahun ini berubah menjadi sumber kekhawatiran di kalangan ahli epidemiologi, terutama saat dunia perlahan pulih dari pandemi Covid-19.

China telah melaporkan 21 infeksi flu burung subtipe H5N6 pada manusia tahun ini dengan enam orang meninggal dan banyak lainnya sakit kritis ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Jumlah kasus itu meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya lima.

Baca Juga: Sejarah Hari Ini : 10 November 1963, Pesta Olahraga Ganefo I Dimulai

Wabah flu burung juga telah dilaporkan dalam beberapa hari dan pekan terakhir di Eropa. Sebuah peternakan di Polandia menjadi lokasi terbaru sumber infeksi, di mana total 650.000 ekor unggas tertular.

Musim dingin lalu, Jepang mengalami musim flu terburuk di peternakan ketika lebih dari 3 juta ekor ayam dimusnahkan dan seperempat prefektur negara itu terkena dampaknya.

Menurut data Kementerian Pertanian Jepang, Negeri Sakura itu memiliki populasi ayam petelur sekitar 185 juta ekor dan ayam pedaging 138 juta ekor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya