[ X ] CLOSE

Fix Jadi OKB! Warga Kapungan Klaten Ini Dapat Ganti Rugi Tol Rp1 Miliar

Warga Klaten yang terdampak proyek pembangunan jalan Tol Solo-Jogja mulai menerima uang ganti rugi. Salah satunya adalah Sujiyarto, warga Kapungan, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.
Fix Jadi OKB! Warga Kapungan Klaten Ini Dapat Ganti Rugi Tol Rp1 Miliar
SOLOPOS.COM - Petani melihat lahan pertanian di Kapungan, Polanharjo, Klaten, Kamis (23/1/2020). (Solopos/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN - Warga Klaten yang terdampak proyek pembangunan jalan Tol Solo-Jogja mulai menerima uang ganti rugi. Salah satunya adalah Sujiyarto, warga Kapungan, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.

Tak tanggung-tanggung, sebanyak empat patok lahan pertaniannya tergilas jalan tol. Atas hal itu, pria 65 tahun itu mendapat uang ganti rugi tol senilai Rp1 miliar. Sujiyanto rela lahannya terdampak karena menyetujui proyek strategis nasional ini.

Baca Juga: Ganti Rugi 58 Bidang Tanah Terdampak Tol Solo-Jogja di Glagahwangi Klaten Rp36 Miliar

Terkait rencana penggunaan uang ganti rugi tersebut, Sujiyarto tak memiliki rencana muluk-muluk. "Uangnya akan saya bagi dengan anak-anak. Saya punya empat anak. Sisanya bisa untuk membeli sawah lagi," katanya.

Kepala Badan Pertahanan Nasional (BPN) Klaten, Agung Taufik Hidayat, mengatakan jumlah UGR yang sudah dibayarkan tim pembebasan lahan sudah mencapai Rp597 miliar. Jumlah itu untuk membayar 730 bidang yang tersebar di beberapa desa di Kabupaten Bersinar.

"Kami upayakan setiap bulan selalu ada musyawarah bentuk ganti kerugian dan pembayaran UGR jalan tol Solo-Jogja. Sehingga, pembebasan lahan ini diharapkan rampung di tahun 2021," katanya.

Baca Juga: Akui Ada Opsi Lockdown dengan Nama PPKM Darurat, Ini Penjelasan Satgas Covid-19

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, luas tanah di Klaten yang terdampak jalan tol Solo-Jogja berkisar 4.071 bidang atau 3.728.114 meter persegi. Luas tersebut tersebar di 50 desa di 11 kecamatan.

Masing-masing kecamatan yang akan dilintasi jalan tol, seperti Polanharjo, Delanggu, Ceper, Karanganom, Ngawen, Karangnongko, Klaten Utara, Kebonarum, Jogonalan, Manisrenggo, dan Prambanan.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago