SOLOPOS.COM - Ilustrasi Playstation (Antara-Pexel)

Solopos.com, JAKARTA — Keberadaan fitur Share Play di Playstation (PS) 5 membuat kamu yang baru punya game konsol PS4 bisa ikutan main sejumlah game yang ada di PS5. Jadi meski PlayStastion 5 dari Sony masih cukup terbatas yang punya PS4 bisa ikut main game PS5.

PS5 yang diluncurkan sejak 2020 dijuluki sebagai konsol paling laris manis di Amerika Serikat. Selain banyak peminat, keterbatasan stok juga disebabkan oleh kelangkaan semikonduktor atau chip.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, Pengguna PlayStation 4 bisa bermain sejumlah game yang ada di PlayStation 5. Hal ini seperti dikutip Antara melansirlaman Cnet, Senin (21/3/2022). Agar kamu bisa man sejumlah game di PS5, syarat utamanya, punya teman yang sudah memakai PlayStation 5.

Baca juga: CEO Playstation: PS5 Itu Game Mahal!

Iya dengan adanya fitur Share Play di perangkat PS5, kamu yang punya Playstation atau PS4 masih bisa merasakan pengalaman bermain game PS5. Karena fitur Share Play memungkinan bermain game online lintas perangkat.

Ketika menyalakan fitur SharePlay, pengguna PlayStation 5 bisa memberi akses ke teman yang memakai PS4 untuk melihat layar dan mencoba bermain game secara gratis. Secara virtual, kontrol utama atau kedua bisa diberikan ke pengguna PS4.

Selain membutuhkan teman yang punya PlayStation 5, syarat lain untuk bermain game PS5 di PS4 adalah koneksi internet dan keanggotaan PlayStation Plus untuk tuan rumah.

Kedua pengguna harus berteman di PlayStation Network dan online pada waktu yang sama. Khusus untuk pengguna PS4, perangkat harus menggunakan minimal sistem perangkat lunak 2.0.

Baca juga: Game PS4 Bisa Dimainkan di Ponsel Android

Cara Share Play

Share Play bisa dimulai baik oleh pengguna PS4 maupun PS5. Caranya buka layar Invite Players dan tambahkan teman yang ingin diajak bermain. Setelah mengikuti petunjuk, kirim undangan dengan mengklik “Send Invitation”.

Buka game yang ingin dimainkan kemudian tekan tombol membagikan atau share di kontroler (stick) DualShock 4. Pilih Share Play yang muncul di layar televisi.

Pilih lagi teman yang ingin diajak bermain, saat ini fitur Share Play baru bisa digunakan oleh dua pemain. Setelah teman menerima undangan bermain, tekan lagi tombol membagikan di kontroler.

Baca juga: Alasan Percayakan Layanan Web Hosting ke DewaBiz

Pilih “Go to Party for Share Play” di layar televisi, kemudian pilih “give controller to visitor” untuk memberikan kontrol secara virtual ke teman. Jika memilih “allow visitor to play as you”, maka pengguna PS4 yang akan bermain game tersebut.

Jika ingin bermain berdua, pilih “play a game together”. Pengguna PS5 dan PS4 bisa bermain bersama jika game memiliki mode multipemain.

Satu sesi Share Play ini akan berlangsung selama 1 jam. Jika sesi selesai, pengguna bisa memulai lagi Share Play.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya