SOLOPOS.COM - Olympic Stadium, Berlin, Jerman, tempat digelarnya Final Liga Champions, Minggu (7/6/2015). (olympiastadion-berlin.de)

Final Liga Champions bakal digelar di Olympic Stadium, Berlin, Jerman, Minggu (7/6/2015).

Olympic Stadium, Berlin, Jerman, tempat digelarnya Final Liga Champions, Minggu (7/6/2015). (dlr.de)

Olympic Stadium, Berlin, Jerman, tempat digelarnya Final Liga Champions, Minggu (7/6/2015). (dlr.de)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Solopos.com, BERLIN — Olympic Stadium, Berlin, Jerman bakal kembali menjadi saksi laga istimewa. Kali ini antara Juventus melawan Barcelona dalam final Liga Champions, Minggu (7/6/2015).

Olympic Stadium, Berlin, Jerman, tempat digelarnya Final Liga Champions, Minggu (7/6/2015). (berlin.de)

Olympic Stadium, Berlin, Jerman, tempat digelarnya Final Liga Champions, Minggu (7/6/2015). (berlin.de)

Ekspedisi Mudik 2024

Olympic Stadium, Berlin, Jerman, tempat digelarnya Final Liga Champions, Minggu (7/6/2015). (olympiastadion-berlin.de)

Ini adalah kali pertamanya Olympic Stadium mendapatkan kehormatan sebagai tuan rumah final Liga Champions. Namun, markas Hertha Berlin itu bukan arena asing bagi sepak bola dunia. Olympic Stadium berulang kali menjadi saksi berbagai perhelatan akbar olahraga dunia, termasuk Olimpiade dan Piala Dunia.

Sesuai namanya, stadion berkapasitas 74.475 penonton itu diresmikan bertepatan dengan upacara pembukaan Olimpiade Musim Panas Ke-11, pada 1 Agustus 1936. Saat itu, Olympic Stadium menjadi saksi keberhasilan atlet keturunan Afrika-Amerika, Jesse Owens, merebut empat medali emas di nomor lintasan dan lapangan atletik.

Seperti dilansir olympiastadion-berlin.de, Olympic Stadium dibangun pada 1934 hingga 1936. Stadion yang dirancang Werner March dan Albert Speer itu dua kali direnovasi, yakni pada 1972 dan menjelang Piala Dunia 2006 yang menelan anggaran 247 juta euro (Rp3,6) triliun.

Renovasi pertama memakan waktu dua tahun untuk persiapan sebagai salah satu venue Piala Dunia Jerman 1974. Olympic Stadium mendapatkan kehormatan menggelar tiga laga fase grup. Skuat tuan rumah Jerman yang saat itu masih bernama Jerman Barat juga berlaga di sana dalam persaingan Grup A.

Olympic Stadium kembali menjadi pusat perhatian saat Jerman ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia 2006. Arena yang awalnya bernama Deutsches Stadion itu menjadi tuan rumah empat laga fase grup, satu laga perempat final, serta pertandingan final antara Italia dan Prancis.

Italia keluar sebagai juara Piala Dunia 2006 setelah menang dalam adu penalti 5-3 atas Prancis. Oleh sebab itu, sejumlah pemain Juventus seperti Gianluigi Buffon dan Andrea Pirlo tentu tidak asing dengan suasana Olympic Stadium.

Sayangnya, Herta Berlin hanya mampu menjadi saksi perhelatan akbar final Liga Champions musim ini. Klub tuan rumah bahkan belum pernah tampil di turnamen yang dulu bernama Piala Champions itu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya