SOLOPOS.COM - Final Liga Champions 2015 (JIBI/Solopos/Reuters)

Final Liga Champions kali ini mengembalikan posisi Barcelona sebagai Raja Eropa.

Solopos.com, BERLIN — Final Liga Champions 2014/2015 antara Juventus vs Barcelona di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Minggu (7/6/2015) dini hari, benar-benar menunjukkan kembalinya Blaugrana merajai Eropa. Suarez dan Neymar menjadi penentunya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mendominasi sejak awal, Barcelona mampu mendominasi penguasaan bola dan mencetak dua gol melalui Rakitic (4) dan Suarez (68). Juventus memang sempat menyamakan kedudukan melalui kaki Morata di menit 55, namun gol itu buyar oleh gol Suarez.

Di babak pertama, Barcelona memang mendominasi bola, tapi tidak dengan permainan secara keseluruhan. Serangan yang dibangun poros Rakitic-Iniesta-Messi-Suarez berjalan tak efektif. Barzagli, Evra, dan Bonucci yang dibantu Vidal masih mampu meredam umpan-umpan Rakitic.

Gol Rakitic berawal dari umpan panjang dari tengah ke sisi kanan pertahanan Juventus. Andres Iniesta menusuk ke depan dan mengirim umpan silang ke mulut gawang. Ivan Rakitic yang muncul dari tengah dengan mudah melepaskan tendangan ke gawang Buffon.

Babak II

Barcelona mengubah pola permainan. Messi dkk tak lagi terlalu mendominasi penguasaan bola, tapi bergesar dengan menerapkan serangan balik. Hal itu terlihat dari lebih longgarnya pertahanan Barcelona yang berbuah gol balasan Morata.

Juventus memang mampu menyamakan kedudukan. Morata mencetak gol balasan pada menit 54. Berawal dari umpan silang Marchisio di sisi kiri pertahanan Barcelona, bola mengarah ke mulut gawang dan disambar Vidal. Tembakan itu mampu ditepis Ter Stegen, namun bola muntah langsung disambar Morata yang berdiri bebas.

Sebelumnya pada menit 48, Suarez menebar ancaman. Memanfaatkan umpan pendek Rakitic, Suarez menyontek bola ke arah gawang. Namun Buffon masih sigap menepisnya.

Menit 50, kerja sama satu dua Messi-Suarez berakhir dengan tendangan Messi, bola namun masih melebar.

Gol itu membuat moral pemain Juventus terangkat. Hal itu terlihat dari beberapa kali serangan mengarah ke gawang Ter Stegen. Pada menit 62, memanfaatkan umpan Marchisio, Tevez melepas tembakan yang melayang tipis di atas gawang Barca.

Tevez kembali beraksi semenit kemudian. Umpan silangnya dari sayap kiri disambut tendangan keras Pogba dan bola jatuh tepat ke Ter Stegen.

Namun Barca tak lama bermain dalam tekanan dan kembali menghukum perlawanan Tevez dkk. Menit 68, upaya Messi menggiring bola ke kotak penalti Juventus diakhiri tendangan keras ke gawang. Buffon masih mampu menepisnya, namun bola muntah jatuh ke kaki Suarez yang akhirnya mampu mengonversinya menjadi gol.

Neymar di menit 71, mampu menceploskan bola ke gawang Juventus melalui sundulan. Memanfaatkan umpan silang Jordi Alba, Neymar menyundul bola dan tak mampu ditepis Buffon. Sayang, wasit Cuneyt Cakir menganggap Neymar melakukan handsball saat menyundul bola. Padahal dalam tayangan ulang, bola hanya menyentuh pundak Neymar sebelum masuk ke gawang Buffon.

Menit 74, Neymar di langgar di dekat kotak penalti Juventus dan wasit memberikan hadiah tendangan bebas. Messi yang menjadi eksekutor masih belum menambah keunggulan.

Barca kembali membuat peluang bersih. Pique yang bergerak bebas di kotak penalti mendapat umpan dari Rakitic, namun tendangannya masih melenceng.

Juventus terus memberikan tekanan di menit-menit akhir, namun justru tenggelam oleh gol Neymar di menit 97. Pergerakannya di sisi kanan pertahanan Juventus diakhiri dengan sebuah tendangan ke sisi kiri gawang yang tak mampu dijangkau Buffon.

Susunan Pemain
Juventus (4-3-2-1)
Buffon
Evra (Kingsley Coman, ’89), Barzagli, Bonucci, Lichtsteiner
Marchisio, Pirlo, Pogba
Vidal (Pereyra, ’78)
Tévez, Morata (Llorente, ’85)

Barcelona (4-3-3)
Stegen
Alba, Mascherano, Piqué, Alves
Iniesta (Xavi, ’77), Busquets, Rakitic (Jeremy Mathieu, ’90)
Neymar, Suárez, Messi

Wasit: Cuneyt Cakir (Turki)

Statistik pertandingan Juventus vs Barcelona

1 Goals 3
1 Assists 3
7 Shot on goal 8
8 Shot off target 10
38% Possession 62%
8 Corner 6
24 Fouls 12
14 goal kicks 9
1 offside 0
Arturo Vidal (11), Paul Pogba (41) Kartu kuning Suarez (68)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya