SOLOPOS.COM - Timnas Garuda Muda U-23 siap hadapi Thailand di final sepak bola Sea Games. (JIBI/Dokumentasi)

Solopos.com, NAY PYI TAW — Timnas Indonesia U-23 akan menantang Timnas Thailand di pertandingan final SEA Games 2013 di Zeyar Thiri Stadium, Naypyitaw, Myanmar, Sabtu (21/12/2013).

Kepastian Tim Garuda Muda melangkah ke final setelah mampu mengalahkan Malaysia melalui adu pinalti 4-3 (1-1) pada pertandingan semifinal pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara di Zeyar Thiri, Naypytaw, Kamis (19/12/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sedangkan Thailand lolos ke final setelah di pertandingan semifinal mengalahkan Timnas Singapura dengan skor tipis 1-0. Dengan demikian Thailand akan berhadapan kembali dengan Indonesia yang sama-sama dari Grup B.

Terkait dengan pertemuan antara Indonesia dengan Thailand itu Ketua Badan Tim Nasional PSSI La Nyalla Mahmud Mattalitti berharap para pemain Timnas Indonesia tetap fokus mengejar target merebut medali emas.

“Jangan pernah meremehkan lawan di babak final, tetapi pelatih, pemain dan ofisial harus tetap yakin bisa meraih kemenangan untuk membawa pulang medali emas,” kata La Nyalla, ketika dihubungi Antara di Surabaya, Kamis malam.

Untuk menghadapi Thailand, bukan perkara muda bagi Tim Garuda Muda. Hal tersebut terjadi karena di babak penyisihan harus menyerah dengan skor yang cukup telak yaitu 1-4.

Namun demikian pelatih Timnas Indonesia Rahmad Darmawan mengaku optimistis anak asuhnya mampu bermain maksimal sehingga mencapai target yang ditetapkan yaitu merebut medali emas SEA Games 2013.

“Thailand merupakan tim kuat dan telah menganut sepak bola modern. Kita juga sudah bertemu sebelumnya. Sekarang tinggal bagaimana kita untuk meraih yang terbaik,” kata pelatih yang akrab dipanggil RD itu.

Menurut dia, demi meraih hasil maksimal pada pertandingan puncak, pihaknya akan mempersiapkan tim terbaik. Namun, sebelumnya akan dilakukan recovery agar kebugaran pemain bisa kembali. Apalagi pada pertandingan semifinal bermain 120 menit.

Dengan persiapan yang bagus, kata dia, pihaknya optimistis Alfin Tuasalamony dan kawan-kawan sukses pada pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara yang ke-27 ini. Demi menebus kegagalan pada SEA Games 2011 lalu.

Sementara itu pelatih Timnas Thailand, Kiatisuk Senamuang mengatakan menghadapi Indonesia di partai puncak bukan perkara mudah meski sebelumnya mampu dikalahkan.

Indonesia, kata dia, merupakan tim yang terus menanjak terbukti mampu mengalahkan tuan rumah Myanmar dan di semifinal mengalahkan Malaysia. (JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya