Filri Bahuri Mangkir Panggilan Komnas HAM, KPK Beralasan Begini...
Solopos.com|news

Filri Bahuri Mangkir Panggilan Komnas HAM, KPK Beralasan Begini...

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK Firli Bahuri mangkir atau bolos dari panggilan pemeriksaan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia atau Komnas HAM.

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri mangkir atau bolos dari panggilan pemeriksaan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia,Rabu (9/6/2021). KPK lalu melansir alasan ketidakhadiran Firli Bahuri tersebut.

Firli Bahuri dipanggil Komnas HAM untuk pemeriksaan terkait dugaan pelanggaran HAM dalam pelaksanaan tes wawasan kebangsaan atau TWK. Tes tersebut telah menjadi polemik nasional karena dianggap sebagian kalangan masyarakat berlangsung janggal karena bertentangan dengan amanat Mahkamah Konstitusi dan Presiden.

Baca Juga: Kuota Haji 2021 Masih Terbuka!

Namun, pembelaan atas Firli Bahuri mangkir itu segera disampaikan KPK. Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan pihaknya mempertanyakan dasar pemanggilan tersebut.

“KPK ingin memastikan terlebih dulu pemeriksaan dugaan pelanggaran HAM apa, terkait pelaksanaan TWK pengalihan pegawai KPK menjadi ASN [aparatur sipil negara],” ujarnya melalui keterangan tertulisnya.

Pasalnya, kata Ali, penting diketahui agar KPK bisa menyampaikan data dan informasi sesuai dengan yang dibutuhkan dalam pemeriksaan tersebut. Ali menjelaskan, bahwa pelaksanaan TWK telah sesuai dengan UU No. 19/2019, Peraturan Pemerintah No. 41/2020, dan Peraturan Komisi No. 1/2021.

Dipangil Ulang

“KPK menghormati tugas pokok fungsi dan kewenangan Komnas HAM. Selanjutnya kami menunggu balasan surat yang sudah dikirimkan ke Komnas HAM pada 7 Juni 2021 tersebut,” kata Ali.

Komnas HAM menjadwalkan pemeriksaan terhadap Firli pada 8 Juni 2021. Namun, dia enggan memenuhi panggilan tersebut. Komnas kembali akan memanggil Firli Selasa pekan depan.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago