SOLOPOS.COM - Morgan Freeman saat tampil di acara pembukaan Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Solopos.com, SOLO-Terlepas dari pro kontra kehadirannya di opening ceremony Piala Dunia Qatar 2022, Morgan Freeman pernah berperan di sejumlah film sukses. Aktor senior Hollywood ini juga memberikan pidato pembukaan mengenai sepak bola menyatukan bangsa.

Tak sendiri, dia ditemani oleh Ghanim Al Muftah, sosok yang menginspirasi dan salah satu Brand Ambassador Piala Dunia 2022. “Sepak bola menyatukan bangsa, mempersatukan negara-negara dalam kecintaan mereka pada permainan yang indah,” kata Morgan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain menjadi aktor, Morgan juga sering menjadi narator dan pernah menjadi sutradara. Dikutip dari britannica.com pada Selasa (22/11/2022), pria kelahiran Memphis pada 1 Juni 1937 ini mempunyai nama lengkap Morgan Porterfield Freeman Jr.

Dalam dunia akting, karier Morgan Freeman dimulai menjadi pemeran figuran melalui film The Pawnbroker (1964). Morgan mulai dikenal publik ketika penampilannya menjadi Fast Black di film Street Smart (1987) bahkan menerima nominasi Best Supporting Actor dalam gelaran penghargaan Oscar.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Tampil di Pembukaan Piala Dunia 2022, Morgan Freeman Tuai Kritikan

Ada banyak sekali film terbaik yang pernah dibintangi oleh Morgan Freeman. Dia pernah jadi nomine sebagai aktor terbaik Oscar untuk karyanya dalam Driving Miss Daisy (1989), di mana dia menciptakan kembali peran Hoke setelah kali pertama menampilkannya di atas panggung. Dia menunjukkan seorang kepala disiplin dalam Lean on Me (1989), seorang prajurit Perang Sipil yang keras hati dalam Glory (1989), dan penembak tua dalam Unforgiven (1992).

Freeman kemudian muncul di beberapa drama kriminal, termasuk Se7en (1995), Kiss the Girls (1997), dan Along Came a Spider (2001)—dua yang terakhir berdasarkan novel James Patterson—serta The Sum of All Fears (2002) . Dia  memenangi Academy Award untuk aktor pendukung terbaik untuk penampilannya sebagai mantan petinju di  Million Dollar Baby (2004) sebelum tampil sebagai Lucius Fox, seorang guru penelitian dan pengembangan, dalam Batman Begins (2005) karya Christopher Nolan.

Baca Juga: Pembacaan Surat Al-Qur’an di Piala Dunia 2022

Freeman mengulang peran terakhir dalam sekuel The Dark Knight (2008) dan The Dark Knight Rises (2012). Dalam The Bucket List karya Rob Reiner (2007), dia dan Jack Nicholson berperan sebagai pasien kanker yang sakit parah yang memanfaatkan sisa waktu mereka sebaik mungkin.

Dalam film berikutnya, Morgan Freeman tampil sebagai mantan agen CIA dalam aksi komedi Red (2010); sebagai politisi AS berpangkat tinggi dalam film thriller Olympus Has Fallen (2013) dan sekuelnya, London Has Fallen (2016) dan Angel Has Fallen (2019); dan sebagai penyintas postapocalyptic dalam petualangan fiksi ilmiah Oblivion (2013).

Dia juga berperan sebagai pesulap yang mengungkap keahlian para rekannya di Now You See Me (2013) dan sekuelnya pada 2016. Freeman juga mengejar tarif yang tidak terlalu menegangkan dengan peran dalam drama sentimental Dolphin Tale (2011) dan sekuelnya, Dolphin Tale 2 (2014), dan dalam The Magic of Belle Isle (2012).

Baca Juga: Jadi Duta Piala Dunia 2022, David Beckham Tuai Kritikan

Tak melulu film serius, Morgan Freeman juga membintangi film komedi di Las Vegas (2013), di mana dia beradu peran dengan Robert De Niro, Michael Douglas, dan Kevin Kline. Dia kemudian jadi pengisi suara penyihir untuk film The LEGO Movie (2014), sebuah petualangan animasi komputer yang menampilkan rendering mainan LEGO sebagai karakter dan latar.

Peran lainnya pada tahun 2014 termasuk sebagai aktivis anti-kecerdasan buatan di Transendensi dan profesor psikologi di Lucy. Film Morgan Freeman selanjutnya termasuk komedi Ted 2 (2015); Going in Style (2017), remake dari film tahun 1979 tentang pensiunan yang merencanakan perampokan bank; dan Just Getting Started (2017), di mana dua saingan di komunitas pensiun bekerja sama untuk menyelamatkan wanita  dari penculik.

Freeman kemudian memerankan pembuat mainan Drosselmeyer dalam The Nutcracker and the Four Realms (2018), sebuah adaptasi dari balet abad ke-19 karya Pyotr Ilyich Tchaikovsky. Di The Comeback Trail (2020), Morgan Freeman membintangi film itu bersama De Niro dan Tommy Lee Jones.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya