Film Indonesia Karya Kamila Andini Menembus Festival Film Berlin

Film Before, Now & Then atau Nana karya sutradara Kamila Andini menjadi film Indonesia pertama yang berhasil masuk dalam Festival Film Internasional Berlin.
SHARE
Film Indonesia Karya Kamila Andini Menembus Festival Film Berlin
SOLOPOS.COM - Poster film Before Now and Then (Instagram @kamilandini)

Solopos.com, SOLO — Film baru Before, Now & Then atau Nana karya sutradara Kamila Andini berhasil masuk dalam daftar program kompetisi utama Festival Film Internasional Berlin dan akan melakukan pemutaran perdananya di gelaran tersebut.

Kabar itu diumumkan oleh penyelenggara festival pada Rabu (19/1/2022) waktu setempat yang juga disiarkan secara langsung melalui saluran YouTube resminya. Festival yang dikenal dengan sebutan Berlinale itu dijadwalkan digelar pada 10-20 Februari 2022.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Before, Now & Then bersaing dengan 17 film lain dari berbagai negara yang akan memperebutkan piala penghargaan Golden Bear dan Silver Bears di festival edisi ke-72 itu.

Baca Juga: Guncang Eropa, Wiro Sableng Tampil di Festival Film Italia

Film ini diproduseri oleh Ifa Isfansyah dan Gita Fara serta dibintangi oleh Happy Salma, Laura Basuki, Arswendy Bening Swara, dan Ibnu Jamil.

“Masih agak tidak percaya [bisa masuk] karena [festival] Berlin kan banyak, ya, programnya, ada Panorama, Forum, Generation, dan seterusnya, kadang-kadang nggak berani mimpi untuk bisa ke kompetisi utamanya,” kata Ifa, dikutip Kantor Berita Antara, Kamis (20/1/2022).

Menurutnya, kabar baik tersebut datang seperti membawa angin segar dan energi bagi perfilman Indonesia di awal tahun dan di tengah pandemi yang masih berlangsung.

“Saya juga bisa bilang ini pencapaian tertinggi saya sebagai produser dan Kamila Andini sebagai sutradara serta tim Fourcolours. Kami belum pernah ada pencapaian film yang di titik seperti ini,” ujarnya.

Film berbahasa Sunda ini diangkat berdasarkan kisah hidup Raden Nana Sunani yang diadaptasi dari salah satu bab dalam novel Jais Darga Namaku karya Ahda Imran.

Nana melarikan diri dari kota kelahiran saat gerombolan orang datang ingin mempersuntingnya. Ia kemudian menetap di Bandung dan menikah dengan laki-laki yang berasal dari keluarga menak. Nana bertemu dengan perempuan simpanan suaminya, tetapi keduanya juga saling memberi dukungan sebagai sesama perempuan yang hidup pada 1960-an.

Baca Juga: Film Dokumenter Karya Sineas Solo Melenggang di Festival Film Dunia

Kisah serta gambaran karakter dalam Before, Now & Then, kata Ifa, dituturkan secara personal sekaligus menampilkan lapisan lain yang menyinggung sejarah Indonesia pada masa itu.

“Proyek film yang sangat ambisius tentang sejarah Indonesia tanpa kehilangan pendekatan pribadi dan orisinal dari perspektif perempuan. Cerita dijalin dengan musik dan perasaan yang tidak bisa kita hindari,” kata Direktur Artistik Berlinale, Carlo Chatrian.

Kamila Andini akan bersanding dengan sejumlah sutradara internasional seperti Carla Simon, Claire Denis, Rithy Panh, Denis Cote, Paolo Taviani, Ulrich Siedl, Andreas Dresen, Hong Sang Soo, Isaki Lacuesta, dan Francois Ozon dalam program kompetisi utama itu.

“Ini pertama kalinya film Indonesia dan sutradara perempuan pertama dari Asia Tenggara yang mengikuti kompetisi ini,” kata Carlo.

Dari surat yang dikirimkan Carlo, 72nd Berlin International Film Festival 2002 akan memilih 18 film dari 15 negara untuk mendapatkan Beruang Emas dan Beruang Perak.

Baca Juga: Kamila Andini Raih Gelar Lagi di China International Children Film Festival

“Sebanyak 17 film tayang perdana dunia, tujuh di antaranya besutan sutradara perempuan,” demikian tulisan yang terdapat di surat itu, dilansir Bisnis.com.

Sutradara Mira Lesmana menuliskan di kolom komentar unggahan Kamila Andini. “Congrats again Diin! Pokoknya kamu keren. Big proud hug.”

Sutradara Garin Nugroho membuat unggahan sendiri keberhasilan sahabat-sahabatnya yang terlibat dalam pembuatan film Before, Now & Then (Nana).

“Selamat Kamila, Ifa, Jais C Gita, Happy, Laura, dan seluruh team Nana. Prestasi luar biasa. Kagum dan salut,” tulisnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago