SOLOPOS.COM - Reza Rahardian (Sahamgrup.com)

Film Guru Bangsa-Tjokroaminoto diperankan oleh aktor muda berbakat, Reza Rahardian.

Solopos.com, JAKARTA – Aktor Reza Rahadian ditantang menghidupkan tokoh bersejarah pemimpin organisasi Sarekat Islam Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto dalam film Guru Bangsa: Tjokroaminoto.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Saat mendalami karakter Bacharuddin Jusuf Habibie untuk film Habibie & Ainun, Reza berkesempatan mewawancarai dan mengobservasi langsung gerak gerik Presiden ke-3 itu. Namun, dia tidak bisa menerapkan cara yang sama untuk peran Tjokroaminoto. Reza hanya bisa mengandalkan referensi sejarah yang terbatas pada data visual.

“Saya mempelajari bahasa tubuh Tjokroaminoto lewat foto-foto yang cukup banyak saya dapat,” ujar dia di Jakarta, Selasa (31/3/2015).

Aktor Pendekar Tongkat Emas dan Kapan Kawin itu juga banyak berdiskusi dengan sutradara Garin Nugroho dalam menginterpretasikan karakter Tjokroaminoto yang akan ditampilkan di layar lebar.

Garin memberinya berbagai data dan referensi mengenai pemimpin organisasi Sarekat Islam tersebut, dia menyerahkan Reza untuk meracik interpretasi terbaik menurut versinya.

“Dari situ saya membebaskan diri, memiliki bahasa tubuh Tjokroaminoto yang saya ciptakan berdasar data sejarah yang ada,” papar dia sebagaimana diberitakan Antara.

Memerankan tokoh sejarah yang masih hidup maupun telah tiada punya kesulitan yang berbeda. Saat berakting sebagai tokoh yang masih hidup tentu dia harus siap dibanding-bandingkan dengan versi aslinya.

“Kalau memerankan orang yang sudah tidak ada, bila misinterpretasi atau asal-asalan atau tidak well prepared, maka tokohnya juga akan menjadi tidak bermakna,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya