SOLOPOS.COM - Produksi film animasi. (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Film animasi karya para siswa SMK Umar Raden Said Kudus, Jawa Tengah berjudul Unstring Your Heart membuktikan bahwa film animasi karya anak bangsa tak dapat dipandang sebelah mata. Para siswa SMK RUS Kudus itu menghasilkan sejumlah karya yang berhasil mengukir prestasi hingga kancah internasional.

Karya tersebut berhasil memenangkan nominasi dan menjadi pemenang di berbagai penghargaan baik lokal maupun internasional. Di antaranya dari Hello Fest 2019, The 20th Kansas International Film Festival 2020, Canverra Short Film Festival 2020, Canberra Short Film Festival 2019, hingga Pune Short Film Festival 2019.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Prestasi yang dicapai tersebut membuktikan bahwa SMK RUS yang merupakan binaan Djarum Foundation ini terus bergerak meningkatkan keefektifan metode pembelajaran tanpa mengabaikan proses kreatif dan inovasi.

Ini Zodiak Beruntung dan Sukses di 2021

Program Associate Djarum Foundation, Galuh Paskamagma, mengatakan banyak hal terkait yang menjadikan tolok ukur kesuksesan para siswa dalam menghasilkan animasi berkualitas. Animasi berkualitas itu antara lain program vokasi dan ekosistem pendidikan yang benar-benar ditujukan untuk penciptaan pengalaman belajar.

Dengan pengalaman menjalin kemitraan dan kolaborasi yang efektif dan efisien, modern, serta inovatif,  sehingga pencapaian  kompetensi keahlian animasi benar-benar diperhatikan dan tercapai optimal. “SMK RUS telah mempersiapkan lulusan yang cakap dan kompeten dalam bidang animasi 3 dimensi,  dalam hal ini dunia kerja dan usaha industri film animasi,” tuturnya, dalam keterangan yang diterima.

Selain itu, SMK RUS merupakan salah satu sekolah yang menerapkan konsep dan sistem pendidikan “Merdeka Belajar” yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim.

5 Benda Ini Kata Fengsui Bawa Energi Buruk

Kepala SMK RUS, Fariddudin, mengatakan konsep “Merdeka Belajar” menjadi sebuah napas yang menggerakkan imajinasi dan kreativitas siswa, mentor, maupun pendidik dan semua pihak yang terlibat. Dengan bekal itulah SMK RUS Kudus kreatif menghasilkan film animasi.

Dalam memproduksi film animasi Unstring Your Heart, siswa bergerak sebagai pembelajar aktif yang merdeka. Ini menjadi proses penting dimana keduanya terfasilitasi perkembangan inspirasi dan minatnya.

Setelah dibekali pengetahuan dan  ilmu dasar, siswa pun diberikan kesempatan untuk bergerak sesuai minat yang dipilihnya. “Proses mendalami berlanjut, dimana siswa akan terus menekuni bidang yang diipilihnya dengan menggunakan kurikulum yang disusun secara mandiri berdasarkan sasaran yang ingin dicapainya, di bawah bimbingan guru dan sekolah tentunya,” terang Fariddudin.

5 Simbol Ini Kata Fengsui Bawa Rezeki Rumah

Jika menyimak cerita di balik layar dan  proses kreatif film Unstring Your Heart, banyak hal menarik yang menjadi pengalaman berharga bagi para siswa jurusan animasi di SMK RUS.

Pengarah Siswa SMK RUS

Betapa tidak, pembelajaran dikemas dalam bentuk Project Based Learning (PjBL) atau pembelajaran berbasis proyek. Kekuatan program PjBL yang diperkaya teknologi sangat memberikan pengaruh besar pada keberhasilan siswa dalam kehidupan nyata, dan bahkan memiliki daya saing.

PjBL juga mengarahkan siswa untuk belajar sistem produksi animasi dari berbagai tingkatan mulai dari pre-production, production, hingga post production. Siswa tidak seperti hanya bersekolah tetapi berproses dalam perencanaan, menganalisis kebutuhan pasar, merealisasikan ide dan keahlian animasi mereka.

Memilih Arah Rumah Sesuai Petunjuk Fengsui

Mengembangkan leadership dan proses kerja tim, berkomunikasi dan bekerja dengan teknologi yang modern dan bersaing di dunia industri dalam sebuah proses produksi film animasi. Film animasi Unstring Your Heart ini mengisahkan pemain Marionette dan bonekanya. Film ini digarap dengan hati dan passion setiap tenaga dan pikiran para kreator animasi muda yang memproduksinya. Betapa tidak, animasi yang hadir adalah merupakan karya detil sekelas film Disney klasik.

Tidak main-main, para siswa SMK RUS melakukan riset secara serius. Aritektur Kota Tua Semarang era 1930-an hadir secara menggemaskan. Riset motif batik secara mendalam pun menghadirkan kostum batik yang dikenakan tokoh animasi sehingga menggambarkan kekayaan khas batik semarang.

Dikemas menyentuh hati, diiringi musik latar khas yang tetap menghadirkan unsur Indonesia tempo dulu yang kaya dengan nilai-nilai kearifan lokal Indonesia kepada pecinta tayangan animasi di seluruh dunia. Penasaran? Yuk saksikan film Unstring Your Heart di Youtube Official RUS Animation Studio.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya