Filipina Tolak Pendatang dari Indonesia, Malaysia, & Thailand

Filipina menolak pendatang dari Indonesia, Malaysia, dan Thailand demi mencegah virus corona varian delta pemicu Covid-19 nan ganas.
Filipina Tolak Pendatang dari Indonesia, Malaysia, & Thailand

Solopos.com, JAKARTA — Filipina tampil tegas tolak pendatang dari Indonesia, Malaysia, dan Thailand sekaligus. Langkah Filipina itu dilakukan guna memperketat protokol kesehatan wilayah Manila dalam mencegah penyebaran virus corona varian delta pemicu Covid-19 nan ganas.

Pembatasan perjalanan itu diberlaku mulai Minggu (25/7/2021) ini dan akan berlangsung hingga akhir Juli. Demikian dinyatakan juru bicara kepresidenan Harry Roque dalam pidato nasional seperti dikutip Channelnewsasia.com, Jumat (23/7/2021).

Baca Juga: NASA Prakirakan Banjir Besar Akibat Gravitasi Bulan Tahun 2030-An

Dia mengakui penyebaran dan transmisi komunitas virus corona varian delta di Filipina sangat mengkhawatirkan. Filipina sebelumnya telah melarang pelancong dari delapan negara termasuk Indonesia dan India demi menangkal Covid-19 varian anyar itu.

Demi mencegah transmisi domestik yang lebih cepat dari virus corona varian delta, Presiden Rodrigo Duterte telah menempatkan wilayah ibu kota Manila yang berpenduduk 13 juta jiwa serta empat provinsi di bawah pembatasan virus corona yang lebih ketat hingga akhir Juli.

Kedua di Asia Tenggara

Tempat-tempat olahraga dan konferensi dalam ruangan, tempat-tempat wisata dan pusat kebugaran tidak diizinkan untuk berbisnis. Sementara itu, kapasitas operasi makan dalam ruangan dikurangi. Selain itu, anak-anak berusia antara lima dan 17 tahun tidak akan diizinkan meninggalkan rumah mereka.

Dengan lebih dari 1,53 juta infeksi dan hampir 27.000 kematian, Filipina memiliki jumlah kasus dan korban virus corona tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah Indonesia.

Baca Juga: Kasus Harian Covid-19 Korsel Melonjak, Kambing Hitamnya Indonesia

Larangan bagi warga Indonesia ke Filipina mulai berlaku sejak 16 hingga – 31 Juli 2021 untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19, khususnya varian Delta. “Presiden Rodrigo Duterte telah menyetujui pembatasan perjalanan untuk seluruh wisatawan dari Indonesia atau mereka yang memiliki riwayat perjalanan ke Indonesia dalam 14 hari sebelum tiba di Filipina,” kata Roque pada 14 Juli lalu.

Dia melanjutkan bahwa pelaku perjalanan udara dari Indonesia yang tiba di Filipina sebelum 16 Juli 2021 masih diizinkan untuk masuk negara tersebut.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago