SOLOPOS.COM - Stadion Si Jalak Harupat di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp)

Solopos.com, JAKARTA—Beberapa stadion di Indonesia untuk venue Piala Dunia U-20 tahun 2023 masih perlu perbaikan. FIFA menyimpulkan hal itu setelah perwakilan mereka berada di Indonesia melihat infrastruktur untuk Piala Dunia U-20 2023.

Sejumlah stadion yang perlu perbaikan tersebut adalah Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung Jawa Barat, Stadion Jakabaring Palembang Sumatra Selatan dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

“Stadion Si Jalak Harupat perlu diperbaiki, Jakabaring juga perlu renovasi sedikit, stadion di Bali pun demikian. Kalau Manahan bagus sekali, seperti SUGBK (Jakarta). Yang lain dalam kategori oke, ya,” ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: FIFA akan Cek Venue Piala Dunia U-20, Stadion Manahan Solo Dianggap OK

Perwakilan FIFA pada Selasa (14/6), memeriksa Stadion Manahan Solo serta lapangan pendukung di sekitarnya. FIFA kata Iriawan memuji Stadion Manahan dan lapangan pendukung untuk Piala Dunia U-20 2023.

Iriawan mengatakan tidak menginginkan ada perubahan enam stadion tempat berlangsungnya pertandingan Piala Dunia U-20 2023. “Jadi, mudah-mudahan stadion sesuai harapan kami yakni enam venue tersebut. Kami ingin agar lokasi Piala Dunia U-20 lebih merata di Indonesia,” ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Pernyataan Iriawan di atas mengisyaratkan PSSI tidak menginginkan ada dua stadion pertandingan Piala Dunia U-20 dalam satu wilayah.

Baca Juga: PSSI Tegaskan Persiapan Piala Dunia U-20 Berjalan Sesuai Rencana

Artinya, stadion seperti Stadion Internasional Jakarta (JIS) di Jakarta Utara, yang baru selesai dibangun pada April 2022, kemungkinan besar tidak akan menjadi arena Piala Dunia U-20. Alasannya wilayah Ibu Kota sudah diwakili Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

“FIFA sudah mengunjungi beberapa venue. Kami akan makan malam bersama FIFA pada Jumat (17/6) malam,” kata Iriawan.

Seperti diketahui, enam stadion sudah disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, sesuai Instruksi Presiden Nomor 8 tahun 2020 tentang Dukungan Penyelenggaran FIFA U-20 World Cup Tahun 2021 (sebelum pelaksanaannya digeser ke tahun 2023 karena pandemi Covid-19).

Baca Juga: Kesiapan 6 Stadion Piala Dunia U-20 Ditinjau Ulang, Ini Alasannya

Stadion tersebut adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar, Bali).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya