SOLOPOS.COM - Adegan film Soekarno: Indonesia Merdeka (officialfilmindonesia.com)

Solopos.com, PALEMBANG — Film garapan Hanung Bramantyo, Soekarno, berjaya di awal pembacaan nominasi Piala Citra FFI 2014. Film ini sudah memenangkan tiga kategori di FFI 2014.

“Buat saya, ini awal baru tahun kedua nominasi buat kostum, butuh waktu lah,” ucap Retno Ratih Damayanti selaku pemenang dari kategori Penata Busana Terbaik di Palembang Sport Centre and Convention Centre, Palembang, Sumatera Selatan, dikutip Detik, Sabtu (6/12/2014) malam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Retno, saat membuat kostum Soekarno, hal tersulit adalah mencari data. Alhasil dirinya harus ke Belanda. “Mencari data di Indonesia sangat susah. Kuta harus mencari data di luar,” lanjut Retno.

“Persiapan untuk kostum Soekarno, satu tahun. Busana ada 4 truk, hampir semua aku bikin,” lanjutnya.

Selain penata busana terbaik, Soekarno juga memenangkan penata artistik FFI 2014. Allan Sebastian berhasil mengalahkan 3 Nafas likas, Cahaya dari Timur: Beta Maluku, Sokola Rimba, dan Tabula Rasa.

Tak berhenti di situ, lagi ‘Soekarno’ memenangkan kategori Penyunting Gambar Terbaik yang dibuat oleh Cesa David Lukmansyah, dan Wawan I Wibowo.

Sementara itu, film Killers didengungkan di panggung FFI 2014. Dalam Anugerah Piala Citra FFI 2014, Killers memenangkan nominasi Penata Suara Terbaik dan Penata Musik Terbaik.

Bersama Yusuf Pattawali, Fajar Yuskemal, dan Aria Prayogi, tiga penata suara ini berhasil mengalahkan empat film lainnya. Film-film yang dikalahkan antara lain, Cahaya dari Timur: Beta Maluku, Sepatu Dahlan, Soekarno, dan Sokola Rimba.

Menurut Yusuf Pattawali, tidak ada kesulitan yang berarti saat mengerjakan film ini. “Enggak ada kesulitan makannya kita menang,” urainya di atas panggung, Palembang, Sumsel, Sabtu (6/12/2014).

Belum selesai memberikan kata sambutan, nama Fajar Yusekemal dan Aria Prayogi, kembali dipanggil. Dua pemuda yang kuliah di UPH itu, memenangkan kategori Penata Musik Terbaik untuk film Killers.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya