SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana (JIBI/Solopos/Antara/Ekho Ardiyanto)

Solopos.com, PALEMBANG — Presiden Jokowi berjanji akan mendukung secara total perfilman Indonesia yang mulai kembali bangkit meski mengalami banyak keterbatasan. Caranya, Jokowi akan membuat sebuah lembaga baru, yaitu Badan Ekonomi Kreatif.

Berstatus sebagai presiden pertama yang datang ke penganugerahan Piala Citra, Jokowi diberi segudang harapan oleh insan perfilman Indonesia yang hadir di ajang itu. Aktor/aktris dan sutradara gaek Indonesia seperti Slamet Rahardjo dan Jajang C. Noer mengungkapkannya langsung di depan Jokowi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jajang C. Noer, menyatakan penghargaannya atas kehadiran Jokowi di FFI 2014 sebagai hal istimewa di dunia perfilman. Dia menyampaikan perjalanan FFI yang dulunya bernama Pekan Film Nasional.

Kalimat lebih tegas diungkapkan oleh Slamet Rahardjo. Aktor dan sutradara langganan Piala Citra ini menyebut kekurangan mendasar dalam dunia perfilman Indonesia di depan Jokowi.

“Pesan dari orang film. Film Indonesia itu tak pernah punya bioskop. Pak Presiden, tolong dijawil Pak Pariwisata [Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif] untuk bikin bioskop sebanyak-banyaknya,” kata kakak Eros Djarot ini.

Jokowi pun langsung menanggapi permintaan itu saat diberi kesempatan berbicara seusai memberikan Piala Citra bagi tim film Cahaya dari Timur. “Saya bangga dengan insan perfilman. Saya tadi bisik-bisik dengan Menteri Pariwisata agar [perfilman Indonesia] didukung total, didukung penuh,” kata Jokowi.

Jokowi pun memberi garansi. “Tapi diingat, kalau dukungannya tidak total, tolong saya dibisiki, ini serius,” katanya.

Presiden Jokowi berjanji akan mendukung dunia perfilman Indonesia dengan beberapa langkah. Pertama, memaksimalkan aset dan potensi kreatif untuk mencapai dunia perfilman yang mandiri. Kedua, Presiden berjanji mendorong inovasi dan kreatif dunia perfilman.

“Yang ketiga, membangun kesadaran dan apresiasi terhadap hak kekayaan intelektual, termasuk perlindungan hukum.”

Dan untuk melakukan semua itu, Presiden mengungkapkan akan membentuk Badan Ekonomi Kreatif. “Badan ini langsung di bawah Presiden. Ini serius, saya mengajak untuk mencintai film Indonesia.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya