FESTIVAL MUSEUM : Ajak Anak Muda ke Museum

SHARE
FESTIVAL MUSEUM : Ajak Anak Muda ke Museum
SOLOPOS.COM - Ilustrasi museum (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Ilustrasi museum (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, JOGJA —Sebanyak 58 museum terdiri dari 33 museum asal Jogja dan 15 museum dari beberapa kota di Indonesia menjadi peserta dalam Festival Museum 2013 bertajuk Museum Goes To Campus.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 8 hingga 13 September di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri Universitas Gadjah Mada (UGM).

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Festival yang diselenggarakan oleh Badan Musyawarah Musea (Barahmus) Jogja bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan DIY ini membagi pameran menjadi tiga kategori yakni museum seni dan budaya, sejarah perjuangan dan ilmu pengetahuan teknologi (Iptek).

Menurut Asroni, sekertaris umum Barahmus, festival ini merupakan ketujuh kalinya digelar sejak diadakan 2007 silam.”Tiap tahun selalu kami adakan, tapi khusus pada 2008 karena persoalan teknis tidak diadakan,” katanya saat ditemui Harian Jogja, Senin (8/9/2013) di sela pameran.

Asroni mengungkapkan pada pameran kali ini, Barahmus sepakat untuk mengusung tema goes to campus dengan melangsungkan pameran di UGM karena ingin memperkenalkan museum secara dekat kepada kawula muda.

Pasalnya selama ini, ia melihat anak muda cenderung malas berkunjung ke museum. “Anak muda lebih senang budaya instan, misalnya pergi ke mall menikmati hiburan ketimbang menyaksikan museum,” jelasnya.

Padahal, kata dia, museum merupakan media yang paling efektif dalam membentuk karakter generasi muda. Terlebih saat ini pemerintah menggalakkan pembangunan karakter bangsa.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago