SOLOPOS.COM - Dokumentasi FLN 2018. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Festival Literasi Nasional kembali digelar. Agenda yang digagas anggota Gerakan Menulis Buku (GMB) Indonesia ini digelar di Graha Wisata Niaga, Kamis (12/3/2020).

Festival Literasi Nasional merupakan acara tahunan yang digelar untuk memberikan apresiasi, donasi, dan edukasi bagi peserta GMB Indonesia dan masyarakat umum. Kegiatan ini digelar sejak 2016 lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pengobatan Virus Corona Tak Ditanggung BPJS, Tapi…

Pada 2020 ini ada 1.800 peserta program GMB-Indonesia yang terlibat. Mereka adalah akademisi, pejabat, pegiat literasi, anggota komunitas, perusahaan peduli pendidikan, dan masyarakat umum.

“Festival Literasi Nasional menjadi wadah aspirasi dari masyarakat umum maupun praktisi dan pegiat literasi untuk bertemu sapa dengan para pemangku kepentingan dan pembuat kebijakan,” ujar Lenang Manggala, Founder GMB-Indonesia, dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Selasa (3/3/2020).

Festival Literasi Nasional 2020 akan dihadiri berbagai kalangan, mulai dari dosen, mahasiswa, kepala sekolah, guru, siswa, orang tua/wali murid, jajaran instansi pemerintahan, pegiat literasi, komunitas, perusahaan peduli pendidikan, dan masyarakat umum.

Bacaan Doa Qunut Nazilah

Festival Literasi Nasional 2020 dimeriahkan beberapa acara, seperti seminar nasional, penyerahan piagam rekor MURI, penyerahan donasi buku, penganugerahan juara, peluncuran buku, dan pergelaran seni-budaya.

Donasi yang diberikan merupakan hasil program Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB). Program GSMB ini lahir dari kegelisahan GMB-Indonesia dikarenakan belum adanya gerakan semesta ketika itu dalam upaya memajukan pendidikan dan literasi di Indonesia.

Pria Karanganyar Teror Artis Syifa Hadju Gegara DM Instagram Tak Dibalas

“Gerakan Sekolah Menulis Buku ini sangat penting karena mengajak langsung sebuah elemen yang merupakan bagian aktif dari budaya literasi. Hasil karya dari siswa-siswi yang terlibat dalam program ini akan menjadi pemantik bagi sekolah lain dan elemen masyarakat lain untuk bergerak dan terlibat aktif dalam kegiatan literasi,” ujar Okky Madasari, seorang sastrawan dan penulis buku aktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya