SOLOPOS.COM - Panitia Porseni Nahdlatul Ulama menggelar konferensi pers di Omah Sinten, Ngarsopuro, Solo, Jumat (13/1/2023). (Solopos/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO — Rangkaian kegiatan Pekan Olahraga dan Seni atau Porseni Nahdlatul Ulama atau NU sudah siap dilaksanakan di Kota Solo pada 15-22 Januari 2023. Selain kompetisi olahraga dan seni ada juga beberapa side event seperti jalan sehat pada akhir kegiatan dan selawatan. 

Porseni NU yang merupakan wadah generasi muda beradu bakat dan skill di Solo nanti sekaligus memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-100 Nahdlatul Ulama. 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Panitia Porseni NU di Solo, Nusron Wahid, mengatakan perlombaan pada Porseni akan dilaksanakan pada 15-21 Januari dan ditutup dengan jalan sehat pada 22 Januari 2023.

Dia mengatakan sebagian peserta sudah berdatangan di Kota Solo pada Jumat (13/1/2023). “Hari ini ada [kontingen] 11 provinsi yang sudah sampai di Kota Solo, selebihnya akan datang besok,” katanya dalam konferensi pers di Omah Sinten, Ngarsopuro, Solo, Jumat siang.

Nusron mengatakan seremonial pembukaan Porseni NU di Kota Solo akan digelar pada Senin (16/1/2023) malam di GOR Bhineka Sritex Arena. Sebelum itu, akan ada jamuan makan malam pada Minggu (15/1/2023).

“Akan dijamu oleh Pak Wali Kota sebagai yang memiliki Kota Solo. Setelah itu akan dilaksanakan berbagai perlombaan di masing-masing venue,” imbuhnya.

Berbarengan dengan acara perlombaan, Nusron mengatakan akan ada side event yang dilaksanakan pada 16-21 Januari 2023 di Pura Mangkunegaran Solo. Ada lima side event yang disiapkan panitia yakni festival kuliner dan UMKM yang terdiri dari 30 stan. 

Selain itu ada lomba mewarnai logo NU dan paduan suara untuk kategori anak-anak TK dan PAUD se-Kota Solo. Kemudian acara lantunan selawat bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf pada Selasa (17/1/2023) malam.

Terakhir, Nusron mengatakan jalan sehat akan dilaksanakan Minggu (22/1/2023) pagi yang drencananya dihadiri Presiden Jokowi. “Kami undang, tapi apakah beliau akan hadir atau tidak itu bukan kapasitas kami untuk menjawab,” jelasnya.

Jalan sehat diperkirakan akan diikuti oleh 50.000 peserta. Terkait keamanan, ia mengatakan akan ada pengamanan dari 1.000 personel Banser NU dan 1.000 lagi dari Pagar Nusa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya