SOLOPOS.COM - Ketua Festival Komukino Timotius Andreawan. (Antara-Blasius Andra)

Solopos.com, SEMARANG — Progam Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang menggelar kembali agenda tahunan Festival Komukino. Dalam pergelaran ke-8 di Gedung Oudetrap, Kota Lama, Semarang itu dipilih tema “Semarangan, KAS!”.

Ketua Festival Komukino, Timotius Andreawan, Jumat (24/1/2020), menjelaskan tujuan dari Festival Komukino Ke-8 ini untuk memperkenalkan ragam budaya lokal yang ada di Kota Semarang. Festival seni dan budaya itu menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran, kecintaan, dan rasa memiliki masyarakat terutama anak muda terhadap budaya yang ada di Semarang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Anak-anak muda atau generasi milenial sekarang sudah banyak yang meninggalkan budaya tradisional dan lebih tertarik ke budaya luar, dengan acara ini kami harap anak muda dapat mengembalikan minat serta melestarikan terhadap budaya lokal mereka sendiri,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Progam Studi Ilmu Komunikasi, Fajrin Fanani, menegaskan pelestarian budaya membutuhkan kontribusi banyak pihak, lapisan masyarakat, secara individu maupun komunitas. “Generasi muda adalah para agen perubahan, oleh karenanya mereka juga memiliki kemampuan untuk menjadi benteng dan mempertahankan budaya lokal agar tidak tergerus dengan arus globalisas,” ujarnya.

Turut hadir di acara ini Kepala Bidang Pengawasan Penataan Ruang Kota Semarang, Nik Sutiyani, sebagai pembicara utama dalam seminar kebudayaan. Acara yang dimulai pukul 13.00 WIB hingga 20.30 WIB, diawali dengan workshop dan pameran fotografi, seminar budaya, flashmob Semarang Menari, ruang komunitas, dan diahkiri dengan penampilan Soegi Bornean.

Dalam pameran  ini juga turut dimeriahkan oleh beberapa komunitas seperti Komunitas Dolanan dari Kampung Hompipa, Komunitas Gamelan dari Kampung Jawi, serta komunitas batik dari Diajeng Semarang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya