SOLOPOS.COM - Ilustrasi belanja online. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Hari Belanja 11.11 di China, yang bertepatan dengan Singles’ Day atau hari lajang, tahun ini sepi dari keriuhan promosi penjualan e-commerce. Hal ini terjadi menyusul tindakan keras pemerintah pada platform belanja, Alibaba.

Seperti dilansir Bisnis.com, festival belanja terbesar di dunia selama bertahun-tahun telah disertai dengan promosi agresif dan pembaruan setiap jam dari Alibaba sejak tengah malam dan seterusnya.  Bahkan, berkat festival yang mendongkrak angka penjualan PDB tahunan China berhasil melampuai PDB di banyak negara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tetapi kali ini, tidak ada penghitungan bergulir atau komentar kemenangan oleh para eksekutif dari platform utama pada Kamis pagi (11/11/2021), dan media pemerintah telah menggambarkan peristiwa yang lebih tenang tahun ini setelah kampanye Beijing untuk mengendalikan Big Tech.

Baca Juga: Penjualan Kendaraan Bermotor Naik 68% Berkat Diskon PPnBM

Singles’ Day – disebut sebagai tanggal 11.11 – dimulai lebih dari satu dekade yang lalu dan selama bertahun-tahun menjadi acara satu hari penuh selama 24 jam.

Tetapi Alibaba dan para pesaingnya telah memperluasnya menjadi promosi 11 hari yang berpuncak pada 11 November, sementara beberapa pengecer dan platform telah mulai menawarkan diskon, penawaran khusus, dan pra-penjualan pada awal Oktober.

Baca Juga: Misteri Ruang Amber, Kamar Istri Kaisar Rusia Simpan 8 Ton Emas

Berkat kegemaran konsumen China untuk berburu barang murah yang memungkinkan ponsel cerdas, Singles’ Day sekarang melampaui promosi Black Friday pra-Natal di Amerika Serikat.

Dikutip dari Channel News Asia, Platform yang dioperasikan oleh Alibaba dan pesaing terdekatnya JD.com melaporkan penjualan gabungan sebesar US$115 miliar selama promosi tahun lalu.

Festival secara bertahap menjadi ukuran sentimen konsumen yang diawasi ketat di ekonomi terbesar kedua di dunia, tetapi rilis laporan penjualan 11.11 belum dapat dipastikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya