SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

Ajang kompetisi film fiksi pendek, Festival Film Solo (FFS) 2012, siap mengguncang Kota Bengawan mulai hari ini, Rabu (9/5/2012), di Teater Besar Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Acara yang dijadwalkan hingga Minggu (13/5/2012) tersebut akan menyuguhkan pemutaran film, diskusi, workshop dan temu komunitas film.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Direktur FFS, Ricas CWU, dalam jumpa pers di Wisma Seni Taman Budaya Surakarta, Selasa (8/5/2012), mengatakan FFS tahun ini akan memutar 31 film hasil kiriman peserta. Film tersebut, imbuhnya, adalah hasil seleksi dari 218 film yang masuk kategori Ladrang dan Gayaman Award. “21 film dari kategori Ladrang (umum tingkat nasional-red). Sementara sisanya dari Gayaman (pelajar tingkat nasional),” terangnya.

Selain film hasil kiriman peserta, FFS 2012 akan memutar film retrospeksi dari dua sutradara ternama. Dipaparkan Ricas, film retrospeksi dari Ifa Isfansyah dan Ariani Darmawan akan diputar pada Sabtu (12/5) dan Minggu.

“Film ini akan menyajikan perjalanan karier dari seorang Ifa Isfansyah dan Ariani Darmawan. Selain menyaksikan kompilasi film pendek mereka, pengunjung juga bisa berdiskusi langsung dengan sang sutradara.”

Tarung Solo

Yang menarik lagi dari perhelatan FFS tahun ini adalah Tarung Solo. Dijelaskan Manager Festival, Nanang Musha, Tarung Solo adalah ajang pertarungan karya sineas Solo. Nanang menguraikan, ada tiga film lokal yang pemenangnya akan dipilih berdasarkan  pilihan terbanyak penonton.

“Acara yang digelar Kamis (10/5) malam ini akan menampilkan Pilihanku karya M Aldila, Diam karya Novian Anata Putra dan Jago Tarung karya Abdurachman Syabani. Film terpilih berhak mendapatkan Sabuk Tarung Solo,” katanya.

Ditambahkan Nanang, FFS 2012 akan kedatangan banyak pegiat film nasional. Nama-nama seperti Seno Gumira Ajidarma, Joko Anwar, BW Purbanegara, Andri Cung dan Ajish Dibyo, imbuhnya, adalah beberapa figur yang akan mengisi diskusi film. “Pada Jumat (11/5), Seno Gumira Ajidarma juga berencana menggelar orasi budaya bertema Film Nasional dalam Situasi Pasca Nasional,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya