SOLOPOS.COM - Festival Balon Udara akan digelar di Desa Kemuning, Ngargoyoso. Kabupaten Karanganyar seperti di Wonosobo. (Antara)

Solopos.com, KARANGANYAR — Festival Balon Udara di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar terancam batal digelar. Polres Karanganyar akan melarang event tersebut bila tak mengantongi izin.

Kapolres Karanganyar, AKBP Danang Kuswoyo, mengatakan akan mengecek kelengkapan perizinan terkait penyelenggaraan festival balon udara tersebut. Sesuai rencana festival balon udara digelar selama dua hari, yakni Sabtu-Minggu (19-20/11/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kita akan panggil panitia. Kita akan cek bagaimana perizinannya termasuk ketentuan yang menjadi persyaratan apakah memenuhi atau tidak,” kata dia, Selasa (8/11/2022).

Kapolres mengaku tak ingin kecolongan. Secara umum, penyelenggaraan festival balon udara dilarang karena dapat mengganggu aktivitas penerbangan. Kemudian juga membahayakan apabila pendaratannya meleset ke kawasan permukiman sehingga menimbulkan ancaman kebakaran.

“Otoritas Bandara yang akan menerbitkan regulasi apakah boleh digelar atau tidak. Izin dari otoritas Bandara ini yang harus diurus,” katanya.

Baca Juga: Festival Balon Udara Kemuning Karanganyar Digelar Bulan ini, Catat Tanggalnya

Menurut Kapolres, otoritas bandara akan memberikan pertimbangan dalam menerbitkan izin. Termasuk bagaimana kualifikasi, kapasitas, hingga kemampuan balon udara yang akan digunakan. Jangan sampai kegiatan ini mengganggu penerbangan.

Sebagaimana diketahui Festival Balon Udara akan digelar di Kemuning, Ngargoyoso pada Sabtu-Minggu (19-20/11/2022). Untuk lokasi penerbangan balon udara tersebut ada dua lokasi pilihan, yakni Lapangan Desa Kemuning dan area pendaratan Paralayang.

Salah satu panitia acara, Eko Wuryanto, sebelumnya mengatakan festival balon udara tersebut sedianya digelar Sabtu-Minggu (5-6/11/2022). Namun, karena pada hari tersebut ada acara besar komunitas trail di Kemuning, maka festival balon udara ditangguhkan menjadi 19-20 November.

Baca Juga: Balon Udara Kemuning Karanganyar akan Diikat dan Mengudara Selama 2 Hari

“Tadinya mau diadakan Sabtu-Minggu [5-6/11/2022]. Tapi karena ada acara baksos trail, festival balon udaranya ditunda menjadi 19-20 November,” ujarnya.

Rencananya ada sekitar 20 balon udara yang diterbangkan. Balon-balon udara ini juga yang digunakan pada acara serupa di Wonosobo, beberapa waktu lalu.

“Nanti ada sekitar 20 balon. Ini juga kami bekerja sama dengan penyelenggara acara festival balon udara yang di Wonosobo itu,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya