SOLOPOS.COM - Festival Boryeong Mud di Korea Selatan. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Kebanyakan bangsa di muka Bumi memiliki festival atau perayaan untuk memperingati hal-hal tertentu. Biasanya, festival di beberapa negara di dunia diisi dengan hiburan seperti tari-tarian, musik dengan hidangan sejumlah makanan.

Namun ternyata, terdapat festival yang tidak lazim. Festival-festival tersebut terbilang unik bahkan terlihat aneh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Listverse.com, berikut lima festival unik sekaligus aneh:

Festival Pidakala War di India

Festival Pidkala War dirayakan di setiap April oleh warga Desa Kairuppala, Pradesh, India. Festival itu terlihat cukup aneh karena dalam merayakannya penduduk desa saling melemparkan kotoran sapi satu sama lain pada akhir festival.

Tempat Paling Berhantu di Asia Ada di Malaysia, Namanya Bukit Hantu

Kendati demikian, pelemparan kotoran sapi dipercayai dapat membawa kesehatan, kemakmuran, dan hujan kepada siapapun yang terkena kotoran tersebut. Kotoran itu juga dipercayai sebagai penyembuh sakit yang berkualitas baik.

Festival Boryeong Mud di Korea Selatan

Fetstival aneh di dunia berikutnya adalah Festival Boryeong Mud dirayakan selama dua minggu pada bulan Juli di kota Boreyong, Korea Selatan. Festival ini dimulai pada akhir 1990-an dengan tujuan mempromosikan produk kosmetik berbahan dasar lumpur di wilayah tersebut. Namun pada akhirnya berkembang menjadi acara wisata yang utama.

Jutaan turis dari seluruh dunia tertarik untuk mengikuti festival ini. Banyak wisatawan domestik maupun internasional berkunjung ke Festival Lumpur Boryeong yang diselenggarakan di Pantai Daecheon yang memiliki bubuk lumpur satu-satunya di Asia setiap tahun. Namun, hewan dilarang masuk kecuali anjing pemandu.

Setelah truk-truk menurunkan lumpur di area pantai, para pengunjung biasanya melakukan gulat lumpur, bermain ski lumpur, hingga melukis tubuh dengan lumpur yang memiliki warna khusus.

Selain dapat menikmati manfaat dari kandungan mineral pada lumpur, Anda juga dapat menikmati pijat lumpur yang dapat membantu meremajakan kulit.

Festival Kanamara Matsuri di Jepang

Festival Kanamara Matsuri terbilang paling aneh di dunia, karena bertema penis. Festival yang dirayakan di setiap bulan April ini dirayakan untuk menghormati berbagai hal yang berkaitan dengan phallic. Phallic merupakan fase dari perkembangan psikoseksual manusia.

Pada parade tersebut tiga kuil phallic besar diarak selama satu jam. Setelah parade selesai, pengunjung dapat menikmati makanan lokal seperti lolipop berbentuk phallic dan buah.

Kemudian terdapat legenda yang menceritakan dengan dibangunnya patung penis berukuran besar, dapat menggagalkan iblis pemakan penis pada suatu desa. Para pekerja seks komersial juga dapat berdoa di Kuil Kanayama untuk mengharapkan perlindungan dari bahaya pada pekerjaan mereka.

Muncul di Uang Baru Rp75.000, Ini Fakta Unik Suku Tidung

Pada zaman modern, pengharapan dari doa mengalami perubahan. Masyarakat mengharapkan untuk dikaruniai kesuburan bagi para wanita yang sudah menikah dan festival ini sekaligus sebagai penggalangan dana untuk penelitian tentang HIV.

Festival Baby Jumping di Spanyol

Festival Baby Jumping merupakan acara pembaptisan dengan cara melompati bayi yang dilakukan oleh masyarakat di Castrillo de Murica, Spanyol. Sejak tahun 1900-an penduduk desa setempat membawa bayi mereka untuk diberkati selama Pesta Corpus Christi pada bulan Juni di setiap tahunnya.

Selama proses acara El Salto del Colacho atau lompatan setan, para lelaki berpakaian seperti iblis dengan mengenakan jas berwarna kuning dan merah, mereka melompati bayi yang diletakkan di atas kasur di jalanan.

Sebelumnya festival tersebut hanya dilakukan oleh masyarakat lokal, namun sekarang masyarakat di luar wilayah Castrillo de Murica juga membawa bayinya untuk diberkati pada acara tersebut.

Festival Hair Freezing

Festival Hair Freezing merupakan festival membekukan rambut dengan bentuk yang aneh. Selain itu pada festival ini juga mengadakan Kompetisi Pembekuan Rambut Internasional pada setiap tahunnya. Kontes tersebut dilakukan pada setiap bulan Februari di Kota Whitehorse, Yukon, Kanada.

Dengan suhu sekitar -20, pengunjung festival berkumpul di Takhini Hot Pools untuk membentuk gaya rambut beku mereka. Jika Anda ingin mencoba, caranya cukup mudah.

Rendam rambut Anda di dalam air, kemudian angkat rambut Anda. Suhu yang rendah di Kanada akan membekukan rambut Anda sehingga menghasilkan bentuk yang aneh. Biasanya, pengumuman pemenang dari kompetisi tersebut diumumkan pada bulan Maret.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya