SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Fenomena Gibran effect atau efek Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang menjadi sasaran sambat masyarakat Soloraya diprediksi meluas. Sebab respons yang diberikan Gibran relatif efektif menangani permasalah yang dirasakan warga.

Pendapat itu disampaikan Dosen Administrasi Negara FISIP UNS Solo, Didik G Suharto, saat dimintai pendapat tentang fenomena efek Gibran melalui telepon seluler (ponsel), Selasa (29/11/2022). “Mungkin ada perluasan nantinya ke depan,” ujarnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dengan semakin meluasnya spektrum efek Gibran, Didik melihat sosok Gibran akan semakin dikenal publik. Tidak hanya sebagai Wali Kota Solo, Gibran bisa lebih dipercaya publik sebagai figur yang bisa membantu menyelesaikan berbagai persoalan warga.

“Dari konteks politik tentu akan lebih memberikan efek berkelanjutan. Gibran akan lebih dikenal dan diakui kemampuannya dalam menyelesiakan persoalan di berbagai daerah. Jadi ada pengakuan dari publik yang tak hanya di Solo, juga di luar Solo,” urainya.

Lebih jauh Didik melihat fenomena efek Gibran yang akan membuat sosoknya kian diakui publik, bisa menjadi sebuah tangga menuju posisi yang lebih tinggi. Contohnya jabatan Gubernur, yang memang selama ini mulai dikait-kaitkan dengan sosok Gibran.

Baca Juga: Wuih, Gibran Disebut Perankan Sosok Robin Hood Modern

“Karena pengaruh kekuasannya, atau pengakuannya, tidak hanya di Solo. Publik semakin melihat, ketika persoalan yang mereka hadapi bisa terselesaikan dengan efektif, mereka akan merasa pemimpin seperti itu yang mereka harapkan,” kata dia.

Ketika itu sudah terjadi, Didik menjelaskan, publik akan terfokus pada terselesaikannya persoalan yang mereka hadapi. Publik akan menumpukan harapan mereka kepada Gibran untuk berbagai permasalahan yang dihadapi di lingkungan mereka.

Tapi Didik mengingatkan apa yang dilakukan Gibran saat ini memanfaatkan media sosial Twitter untuk menjaring berbagai persoalan publik dan membantu menyelesaikannya, perlu dikontrol. Sebab ada batasan-batasan sebagai Wali Kota Solo.

Baca Juga: Analisis Gibran Effect dari Perspektif Birokrasi Pemerintahan & Politik

“Spektrum bisa kian meluas, jadi tumpuan harapan publik. Tapi dari sisi pemerintahan administrasi publik, posisi Gibran sebagai Wali Kota perlu dikontrol. Tidak terlalu keluar dari kewenangan sebagai Wali Kota yang punya batas administratif,” tegas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya