SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Foto fenomena alam berupa hallo matahari atau akrab disebut cincin matahari terpantau di wilayah Kota Madiun dan Kabupaten Madiun, Jawa Timur (Jatim).

Fenomena alam berupa cincin matahari terpantau di langit Kabupaten Madiun, Rabu (9/12/2015). (Facebook-Amin Thoharoni)

Fenomena alam berupa cincin matahari terpantau di langit Kabupaten Madiun, Rabu (9/12/2015). (Facebook-Amin Thoharoni)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Fenomena alam berupa hallo matahari atau lebih akrab disebut cincin matahari terpantau di wilayah Kota Madiun dan Kabupaten Madiun bagian barat, Jawa Timur (Jatim), Rabu (9/12/2015) siang.

“Fenomena matahari siang ini di Kota Madiun, cincin matahari…,” tulis pengguna akun Facebook Hendra Pramasyanto yang juga mengunggah tiga buah foto hasil jepretan ke arah langit di grup Facebook Paguma (Paguyuban Madiun), Rabu pukul 12.18 WIB.

Pantauan Madiunpos.com di Facebook, Kamis (10/12/2015) pagi, unggahan foto Hendra Pramasyanto telah disukai 88 akun Facebook, mendapat 24 komentar, dan dibagikan sebanyak 2 kali. Sebagian besar komentar menyampaikan rasa takjub dengan fenomena cincin matahari yang diabadikan Hendra Pramasyanto.

Pengguna akun Facebook Mamak Sewulan mencoba menjelaskan penyebab terjadinya fenomena cincin matahari, yakni pantulan sinar matahari terbias karena langit yang sedang mendung. “Mungkin karena sinar matahari memantul pada mendung sehingga menimbulkan efek bentuk sinar seperti cincin,” tulis Mamak Sewulan di dalam kolom komentar.

Pengguna akun Facebook Amin Thaharobi menyampaikan fenomena alam cincin matahari terpantai hingga Klegenserut, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun. Sementara itu, Hendra Pramasyanto menyampaikan penampakan fenomena cincin matahari menjadi hiburan tersendiri bagi anggota keluarga. “Lmyn buat hiburan d kala liburan Pilkada murah meriah… anak2 wis seneng,” tanggap Hendra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya