SOLOPOS.COM - Ilustrasi banjir. (Antara/Aprillio Akbar)

Solopos.com, SOLO – Masyarakat di Jawa Tengah diimbau mewaspadai potensi banjir akibat periode hujan tinggi selama Februari hingga Maret 2020. Ada sejumlah wilayah di Jawa Tengah yang diprediksi berpotensi tinggi kebanjiran di musim hujan sepanjang Februari-Maret 2020.

Adapun wilayah tersebut antara lain; Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Pekalongan, Semarang, Solo, Tegal, Kudus, Magelang, Pati, Pekalonga, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Sragen, Sukoharjo, Temanggung, Wonogiri, dan Wonosobo.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Belum Aman untuk Wisata, Kekokohan Terowongan di Cokro di Klaten Masih Diteliti

Berdasarkan prakiraan cuaca dasarian BMKG dalam siaran pers yang dikutip Solopos.com, Minggu (2/2/2020), ada indikasi curah hujan tinggi di awal Februari 2020 di Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Papua. Hujan dengan intensitas tinggi berpotensi terjadi di wilayah Sumatra bagian selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Ekspedisi Mudik 2024

Puncak Musim Hujan di Jawa Februari-Maret, Sumatra Bagian Utara Kekeringan

Sementara itu, pada Februari 2020 beberapa wilayah diperkirakan mengalami curah hujan rendah. Adapun wilayah itu antara lain; Aceh timur, Sumatra Utara, dan Riau. Wilayah tersebut juga patut diwaspadai berpotensi mengalami kekeringan hingga menyebabkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya