SOLOPOS.COM - Ilustrasi sekolah tatap muka. (Freepik)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen terbatas bagi siswa PAUD dan SD akan diselenggarakan mulai Februari. Diharapkan capaian vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun tuntas sebelum PTM dimulai.

Sekretaris Disdikbud Karanganyar, Nurini Retno Hartati, PTM 100% terbatas pada jenjang PAUD dan SD ini merupakan lanjutan dari PTM SMP yang sudah dilaksanakan 100% terbatas sejak 2 Januari 2022.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Rencana PTM untuk PAUD dan SD masih tetap, Februari. Karena untuk yang SMP kan sudah dimulai sejak dulu dan vaksinasi Covid-19 untuk mereka sudah selesai,” ujarnya pekan lalu.

Baca juga: 83 Persen Kasus Baru Positif Covid-19 Di Sukoharjo Tanpa Disertai Gejala

Salah satu persiapan PTM PAUD dan SD ini juga vaksinasi, khususnya usia 6-11 tahun yang saat ini prosesnya terus berjalan. Menurutnya, meskipun vaksinasi Covid-19 tidak menjadi syarat mutlak PTM, namun pihaknya meminta kepada orang tua siswa untuk memvaksinasi anak-anak mereka sesuai jadwal untuk sekolah masing-masing.

“Vaksinasi memang tidak menjadi syarat mutlak untuk ikut PTM, tetapi kami sangat menyarankan agar orang tua memvaksinasi anaknya sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan untuk sekolah masing-masing,” imbuh Nurini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar, Purwati mengatakan pihaknya terus mengupayakan percepatan penyuntikan vaksinasi ini di sekolah-sekolah. “Kami upayakan terus agar capaian vaksinasi ini bisa 100 persen dan anak-anak bisa masuk sekolah dengan lebih aman,” kata dia.

Baca juga: Dukung Vaksinasi Anak, Orang Tua di Karanganyar Berharap PTM Penuh

Sementara itu, vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di Karanganyar hingga Sabtu (22/1/2022) mencapai 88.55 persen atau 72.457 anak dari 81.828 anak yang menjadi sasaran.

Vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di Karanganyar diluncurkan 27 Desember 2021. Vaksinasi dilaksanakan serentak di sekolah-sekolah di wilayah 21 puskesmas di Karanganyar. Penyuntikan dosis I bagi anak usia 6-11 tahun ini ditarget sebelumnya ditarget selesai pertengahan Januari 2022.

Baca juga: Sudah Capai 30%, Polres dan Dinkes Karanganyar Genjot Vaksinasi Anak

Sebelumnya, Bupati Karanganyar Juliyatmono meminta kepala sekolah untuk memberikan pengertian kepada guru agar memberikan narasi positif kepada siswa tentang Covid-19. Jangan sampai guru memberikan narasi negatif Covid-19 sehingga siswa takut pergi ke sekolah.

“Pada saat pembelajaran tatap muka [PTM] jangan sampai narasi menakut-nakuti atau negatif yang membuat anak tidak percaya diri. Masker hanya alat, tapi anak harus dibangun mengerti berdamai dengan Covid-19. Prinsipnya belajar saat ini berdamai dengan Covid-19. Hal ini yang menjadi prioritas utama dan tidak perlu mengejar efektif akademik. Sebab masuknya juga belum normal,” ujarnya dalam Rapat Koordinasi dan Pembinaan MKKS SMP Se-Karanganyar di Gedung PGRI di Desa Gaum, Kecamatan Tasikmadu, beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya