SOLOPOS.COM - Salah satu alat berat yang dikerahkan untuk pembongkaran Jembatan Jurug B, Kamis (22/9/2022). (Solopos.com/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Sedikitnya empat jenis alat berat dikerahkan oleh kontraktor dalam proses penbongkaran Jembatan Jurug B Solo yang segera dimulai. Pembongkaran akan dimulai dari bagian tengah, menuju ke arah timur dan diakhiri di bagian barat jembatan.

Diungkapkan General Manager Konstruksi PT Baja Titian Utama, Bambang Nurhadi, fase pembongkaran ini menjadi sangat krusial karena jenis alat beratnya adalah yang paling banyak dibandingkan fase lainnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ada empat jenis alat berat yang dikerahkan, yaitu crane, manlift crane, alat angkutan, dan excavator breaker. Di fase pemongkaran ini alat-alatnya kompleks dan berbeda nanti untuk fondasinya,” jelasnya saat diwawacarai Solopos.com, Jumat.

Pembongkaran Jembatan Jurug B Solo ditargetkan bisa dimulai pada pekan ini juga setelah mobilisasi alat berat dan personel selesai. Pembongkaran Jembatan Jurug B dijadwalkan selesai pada 27 November 2022.

“Untuk saat ini kami masih belum membongkar karena melihat mobilisasi alat sama personelnya di lokasi. Target kami pekan ini sudah dimulai pembongkaran dari tengah dulu lalu ke timur,” jelasnya.

Baca Juga: Diganti Struktur Box Girder, Jembatan Jurug B Solo Diklaim Bisa Tahan 100 Tahun

Diinformasikan sebelumnya, Jembatan Jurug B Solo yang saat ini masih menggunakan struktur Callender-Hamilton (CH) akan dibongkar dan dibangun ulang menggunakan teknologi terkini dalam struktur jembatan yakni Steel Box Girder.

Struktur ini diklaim memiliki teknik yang unik dengan menggunakan sistem komposit di mana pelat beton akan bahu membahu dengan box girder dalam memikul beban aktif ataupun pasif sehingga bisa lebih kokoh.

Hanya ada segelintir jembatan yang menggunakan struktur ini di Indonesia, di antaranya flyover Jembatan Pesanggrahan, Jembatan Baja Laguna Grand Kamala, Jembatan Flyover Daan Mogot Jakarta, dan Flyover Roxy Jakarta.

Baca Juga: Diganti, Jurug B Solo Ternyata Jembatan Callender Hamilton Terpanjang di Jateng

Bukan tanpa alasan hanya segelintir jembatan yang menggunakan struktur ini. Struktur yang nantinya dipakai di Jembatan Jurug B ini merupakan salah satu struktur yang mewah. Selain itu juga diklaim terbaik dari sisi estetika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya