Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Fakultas Tarbiyah IIM Surakarta Kirim Mahasiswa PPL ke 23 Sekolah

IIM Surakarta, Praktik Pengalaman Lapangan, mahasiswa
SHARE
Fakultas Tarbiyah IIM Surakarta Kirim Mahasiswa PPL ke 23 Sekolah
SOLOPOS.COM - Pembekalan kegiatan PPL Fakultas Tarbiyah IIM Surakarta oleh Rektor Dr. H. Muh Kurniwan BW, S.Ag., S.H., M.H., C.L.A. dan beberapa pemateri pada 2 Agustus 2022. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Program Studi PAI dan PGMI Fakultas Tarbiyah Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum (IIM) Surakarta mengirim mahasiswa ke 23 sekolah di Solo dan sekitarnya untuk praktik pengalaman lapangan (PPL). Kegiatan tersebut untuk mempersiapkan mahasiswa sebagai calon guru dan administrator pendidikan.

Sasaran yang hendak dicapai dalam kegiatan PPL ini adalah terbentuknya calon guru yang memiliki pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap serta tingkah laku yang diperlukan oleh guru dan administrator pendidikan. Selain itu cakap dan mampu menerapkannya dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran baik di sekolah maupun di luar sekolah.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Pelaksanaan PPL ini dialokasikan pada jeda semester VIII yaitu Agustus 2022-10 September 2022 dengan harapan mahasiswa lebih optimal melaksanakan kegiatan PPL. Adapun tema yang diangkat yaitu Pengembangan Kompetensi dan Reaktualisasi Keilmuan melalui Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Baca Juga: Tragedi Kebakaran RSJD Solo Renggut 2 Nyawa, Polisi Periksa 5 Saksi

Kegiatan PPL ini diawali dengan pembekalan oleh Rektor IIM Surakarta Dr. H. Muh Kurniwan BW, S.Ag., S.H., M.H., C.L.A. dan beberapa pemateri dari dosen dan tenaga ahli lainnya pada 2 Agustus 2022.

“Kami berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk mengawali kegiatan pembelajaran di sekolah tempat praktik dengan mendoakan semua siswa agar diberi kelancaran dan kemudahan dalam menerima materi yang akan diajarkan,” kata Muh Kurniawan dalam sambutannya seperti dalam rilis kepada Solopos.com, Jumat (5/8/2022).

“Mendoakan siswa sebelum melaksanakan pembelajaran merupakan salah satu wujud kompetensi spiritual yang wajib dimiliki oleh guru selain empat kompetensi lainnya yaitu kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian,” lanjutnya.

Baca Juga: Kian Pedas Kian Histeris, Uji Nyali Makan Sambal Tuan Kulit Putih

Rangkaian kegiatan PPL Fakultas Tarbiyah IIM Suarakarta berikutnya adalah penyerahan mahasiswa praktik ke 23 lembaga mitra di wilayah Solo dan sekitarnya. Acara berlangsung empat hari yaitu 3-6 Agustus 2022.

Adapun lembaga mitra tempat praktik tersebut adalah SMA Islam 1 Surakarta, SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, SMA Jajar Islamic Center Surakarta, MAN 1 Surakarta, MAN 2 Surakarta, dan SMA Al Firdaus Surakarta.

Kemudian MA Al Islam Surakarta, SMK Muhammadiyah 4 Surakarta, SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, SMP Muhammadiyah 5 Surakarta, SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, SMP Al Irsyad Surakarta, SMP Al Islam Surakarta, dan MTSN 2 Surakarta.

Baca Juga: Tengkleng Solo: Dulu Makanan Sampingan, Kini Jadi Menu Berkelas

Selanjutnya  MTs Al Islam Surakarta, MI Takmirul Islam Surakarta, MI Al Islam Jamsaren Surakarta, Pondok MTA Karanganyar, Madrasah Qur’aniyah Husnayain Surakarta, SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo, SMA Karya Dharma Veteran Sambi, dan MTs N 2 Wonogiri.

Dekan Fakultas Tarbiyah IIM Surakarta Dra. Hj. Nur Hidayah M.S.i saat penyerahan mahasiswa di MTsN 2 Surakarta, Rabu (3/8), mengatakan mahasiswa harus mendapatkan pengalaman di lapangan agar mampu menghadapi tugas-tugas profesional dengan baik.

Sementara Wakil Rektor II IIM Surakarta Edy Muslimin, M.S.i saat penyerahan di SMK Muhammadiyah 4 Surakarta dan SMP Muhammadiyah 5 Surakarta, menyatakan mahasiswa selain harus memiliki 4 kompetensi guru juga harus mempunyai kompetensi spiritual.

Baca Juga: AIESEC in UNS Adakan Future Talk, Bahas Masalah Ini

“Mahasiswa selalu menunjukkan pribadi yang rahmatan lil alamin di manapun berada sesuai dengan visi IIM Surakarta,” tuturnya.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita
Part of Solopos.com
Punya akun? Silahkan login
Daftar sekarang...
Support - FaQ
Privacy Policy
Tentang Kami
Kontak Kami
Night Mode