Fakta Menarik Tentang MTT Turbine Superbike Y2K, Motor Tercepat di Dunia

Kekuatan Y2K harus diperhitungkan di semua lini dan terlebih sudah lebih dari 15 tahun masih memegang rekornya, dengan hampir tidak ada yang mampu melawan.
Fakta Menarik Tentang MTT Turbine Superbike Y2K, Motor Tercepat di Dunia

Solopos.com, SOLO – Seolah-olah mengendarai sepeda motor biasa tidak cukup menakutkan, para teknisi terbaik MTT berpikir akan menjadi ide yang baik untuk semata-mata membuat pengendara menjadi ketakutan.

Kekuatan Y2K harus diperhitungkan di semua lini dan terlebih sudah lebih dari 15 tahun masih memegang rekornya, dengan hampir tidak ada yang mampu melawan.

Berikut fakta-fakta sepeda motor MTT Turbine Superbike Y2K seperti dilansir hotcars dan sumber lain belum lama ini.

Baca Juga: Hanya Ada Tiga Unit di Dunia, Lamborghini Miura SVJ Siap Jadi Rebutan

Sepeda motor jalanan bertenaga turbin pertama

Y2K menggunakan mesin turbin gas Rolls Royce Allison 250-C20. Awalnya, mesin mampu menghasilkan 320 tenaga kuda. Dirasa tidak cukup, akhirnya MTT berhasil menekan kekuatannya sehingga mampu menghasilkan 420 tenaga kuda.

Allison 250 memiliki lusinan varian dan masih digunakan untuk menggerakkan helikopter hingga hari ini. Mesin ini memberikan Y2K kecepatan tertinggi, diklaim dapat menghasilkan kecepatan 443 km/h. Jay Leno menggambarkannya sebagai “tangan Tuhan mendorong Anda dari belakang.”

Sepeda motor termahal di dunia versi Guinness

Di antara banyak penghargaannya, Y2K memegang rekor Guinness untuk sepeda motor produksi termahal di dunia dengan harga $185.000 atau sekitar Rp2,7 miliar. Y2K dibuat sesuai pesanan, sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan pembeli, dan dibuat dengan suku cadang premium yang ringan.

Selain itu, ia memiliki kamera LCD yang dipasang di belakang, pengapian terkomputerisasi, suspensi belakang mono-shock hlins yang dapat disetel sepenuhnya, dan rem cakram Brembo. Dengan kata lain, cara terbaik untuk menghabiskan banyak uang.

Baca Juga: Bikin Kaget, Segini Harga Vespa di Zaman Dulu

Versi lebih kuat menggunakan ban belakang 240 mm

Hayabusa adalah sepeda motor yang harus dikalahkan di tahun 90-an, dengan kecepatan tertinggi 195 mph dari mesin 1300cc yang menghasilkan 173 tenaga kuda. Hayabusa membutuhkan ban belakang 190mm untuk mendapatkan semua kekuatan itu ke tanah. Sedangkan Y2K, yang memiliki lebih dari dua kali tenaga kuda, menggunakan ban belakang 240mm.

Menggunakan transmisi otomatis

Bagian yang menyenangkan ketika mengendarai sepeda motor adalah saat mengganti persneling, tetapi ketika duduk di belakang setang Y2K akan menyisakan sedikit ruang untuk berkonsentrasi pada apapun selain dengan yang ada didepan sepeda. Dengan memiliki transmisi otomatis, maka dapat mengurangi faktor kematian pada pengendara Y2K.

Terbuat dari bahan ringan

MTT mempertahankan Y2K-nya dengan bobot 500 pon atau sekitar 181 kg. Motor ini menggunakan velg serat karbon 17 inci, yang dapat ditemukan pada superbike BMW S1000RR.

Bingkai paduan aluminium berbentuk tabung yang menahan mesin Y2K dikelilingi oleh fairing serat karbon. Versi 420 tenaga kuda hadir dengan lengan ayun yang lebih besar dan peningkatan kapasitas bahan bakar, serta sistem pendingin yang ditingkatkan.

Baca Juga: Lexus Keluarkan Edisi Khusus dengan Desain Visual Unik

Berjalan dengan minyak tanah dan diesel

Membeli Y2k mungkin dapat menghemat banyak uang untuk bahan bakar, karena Y2K dirancang untuk berjalan dengan diesel, mesin turbinnya dapat berjalan pada bahan bakar yang mudah terbakar.

Apabila Y2K tiba-tiba mengering dalam perjalanan, cukup tuangkan sebotol wiski ke dalam sel bahan bakar dan itu akan cukup untuk sampai di rumah.

Memiliki garansi mesin seumur hidup

MTT memberikan garansi seumur hidup dengan syarat pemilik aslinya masih hidup. Jaminan ini dapat diberikan mengingat sepeda ini sangat kuat di jalanan, sehingga ini mungkin pertaruhan yang aman.


Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago