SOLOPOS.COM - Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto saat tampil di Korea Open 2022. (Twitter/INABadminton)

Solopos.com, JAKARTA—Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal menyabet gelar juara Korea Open 2022 akibat kalah rubber game dari wakil tuan rumah di Suncheon, Minggu (10/4/2022). Kekalahan itu membuat tidak ada wakil Indonesia yang membawa gelar juara dari turnamen tersebut.

Fajar/Rian yang menjuarai edisi 2019 harus mengakui keunggulan Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae 21-19, 15-21, 18-21 di babak final.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

“Alhamdulillah kami sudah menyelesaikan pertandingan ini. Tapi kami kecewa dengan hasilnya, ini tidak sesuai yang kami harapkan. Ke depan harus cari cara agar bangkit,” kata Fajar lewat keterangan resmi PP PBSI di Jakarta.

Baca Juga: Kurang Sabar, Jonatan Christie Gagal Raih Gelar Korea Open 2022

Fajar/Rian yang berstatus unggulan keempat sempat merebut game pertama dengan skor 21-19, meski pada awalnya sempat tertinggal lebih dahulu 11-16.

Tapi di game kedua dan ketiga, momentum malah berbalik kepada Kang/Seo yang merupakan pasangan baru dari timnas Korea. Permainan lebih solid dan pertahanan rapat dari lawan membuat Fajar/Rian kesulitan.

Fajar/Rian pun mengaku kecewa dengan hasil dari turnamen BWF Super 500 dan meminta maaf kepada masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Jadwal Final Korea Open 2022: Korea Tempatkan Wakil Terbanyak

“Kami mohon maaf untuk seluruh masyarakat Indonesia baik yang mendukung langsung maupun yang di Tanah Air karena belum bisa memberikan gelar juara. Terima kasih atas dukungan dan doanya selama ini, semoga kami ke depan bisa lebih baik lagi,” ungkap Fajar.

Menurut mereka, aspek stamina dan ketenangan menjadi faktor yang harus mereka perbaiki lagi ke depan. Selain itu, mereka juga akan memperbaiki strategi jika suatu saat bertemu dengan Kang/Seo.

“Di pertandingan hari ini kami bola depannya kalah ya, itu salah satu yang harus diperbaiki kalau ketemu mereka lagi,” tutur Rian.

Baca Juga: Kejutan! Fajar/Rian Dikalahkan Juniornya di Indonesia Masters 2021

Korea Open menjadi akhir dari perjalanan Fajar/Rian di awal 2022. Total sudah empat turnamen beruntun diikuti pasangan nomor sembilan dunia dalam kurun waktu satu setengah bulan.

Turnamen yang diikuti adalah German Open (16 besar), All England (32 besar), Swiss Open (juara), dan Korea Open (runner up).

“Di dua turnamen awal kami mendapat hasil yang kurang baik tapi di Swiss kami berhasil bangkit dan juara, itu menambah kepercayaan diri dan walau tidak berhasil juara di sini tapi masuk final saja sudah jadi tambahan motivasi kami ke depan,” kata Rian.

Baca Juga: Hasil Final Swiss Open 2022: Jojo dan Fajar/Rian Akhiri Paceklik Juara

Indonesia dipastikan hampa gelar dari Korea Open, setelah sebelumnya Jonatan Christie dari sektor tunggal putra juga gagal menang. Jonatan dikalahkan wakil China Weng Hong Yang 21-12, 19-21, 15-21.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya